Pengaruh lingkungan tanam terhadap pertumbuhan dan hasil sepuluh genotip padi sawah (oryza sativa l.) di Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Kebumen

RENCAKA, Wira (2017) Pengaruh lingkungan tanam terhadap pertumbuhan dan hasil sepuluh genotip padi sawah (oryza sativa l.) di Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Kebumen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)

Abstract

Produktivitas padi di Indonesia apabila dihitung berdasarkan satuan luas tanah dan satuan musim tanam masih kalah dibandingkan dengan negara lain di Asia, yaitu China di Jepang, dan Vietnam (Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, 2015). Rendahnya produktivitas padi di Indonesia salah satunya adalah belum banyaknya varietas unggul yang di ditanam oleh petani. Varietas unggul baru merupakan salah satu komponen utama teknologi yang berperan dalam meningkatkan produksi dan kualitas padi. Pengujian sejumlah galur potensial pada berbagai agroekologi merupakan salah satu cara untuk menciptakan varietas unggul baru. Penelitian ini dilaksanakan pada dua lokasi yaitu Desa Karang Tengah, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga dan Desa Karang Sari, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Masing-masing wilayah memiliki karakteristik agroklimat dan lingkungan yang berbeda. Desa Karang Tengah, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga memiliki jenis tanah alluvial, dengan curah hujan sekitar 2.843 mm/tahun, suhu rata-rata 26,3°C, dan produktivitas 4,83 t/ha. Desa Karang Sari, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen memiliki jenis tanah regosol, curah hujan sebesar 2.867,02 mm/tahun, dengan suhu rata-rata 27,8°C, dan produktivitas 5,38 t/ha. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pertumbuhan dan hasil beberapa genotip tanaman padi di dua lokasi yang berbeda dan 2) mengetahui genotip tanaman padi dengan hasil terbaik. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah penggunaan genotip padi sawah yang terdiri dari 10 macam yaitu, varietas Basmati (A), galur P14 (B), galur P42 (C), galur P43 (D), galur P95 (E), galur Padi Merah Banjarnegara/DY1 (F), galur Padi Hitam Banjarnegara/DY2 (G), galur P39 (H), varietas Ciherang (I), varietas Inpago Unsoed 1 (J). Faktor kedua adalah lokasi yaitu: 1) Desa Karang Tengah, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga 2) Desa Karang Sari, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Variabel yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah anakan total, jumlah anakan produktif, umur berbunga, umur panen, jumlah gabah isi, jumlah gabah hampa, bobot 1000 biji dan hasil gabah kering panen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) sepuluh genotip tanaman padi sawah di dua lokasi tanam menunjukkan keragaan pertumbuhan dan hasil yang bervariasi, tinggi tanaman (87,8-190 cm), jumlah anakan total (16,47-27,43 anakan), umur panen (95-117 hari), jumlah gabah isi (570,11-2289,5 butir), bobot seribu biji (23,71-29,87 g) dan hasil gabah kering panen (1,4-4,8 t/ha) yang menunjukan adanya keragaman 2) genotip P14 memiliki rata-rata produktivitas tertinggi yaitu 6,7 t/ha GKP di Purbalingga lebih tinggi dari varietas Ciherang (4,5 t/ha) dan Inpago Unsoed 1 (4,4 t/ha) 3) ada interaksi G × L pada umur berbunga, umur panen, jumlah gabah hampa, bobot seribu biji dan gabah kering panen yang ditunjukkan dengan perubahan peringkat lima variabel ini pada lokasi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A17125
Uncontrolled Keywords: lingkungan tanam,pertumbuhan,hasil sepuluh genotip padi sawah
Subjects: E > E359 Environment
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 31 Oct 2018 04:16
Last Modified: 21 Dec 2021 03:05
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year