Masculinity Construction In Gentlemen’s Quarterly Magazine Special 50 Th Anniversary Issue Edition (A Semiotics Analysis)

PUTRI, Inkana Izatifiqa Repinda (2017) Masculinity Construction In Gentlemen’s Quarterly Magazine Special 50 Th Anniversary Issue Edition (A Semiotics Analysis). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover.pdf

Download (240kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (343kB)
[img] PDF (BabI)
BabI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BabII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BabIV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BabV.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanda dan mitos maskulinitas yang ditemukan pada majalah Gentlemen’s Quarterly Edisi Special Ulang Tahun ke-50. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam menganalisis data yang terdiri dari 15 iklan mode busana dan aksesoris yang didalamnya terdapat teks dan gambar. Data tersebut dianalisis menggunakan teori semiotic Barthes. Hasil penelitian ini adalah pertama, setiap iklan memiliki tand amaskulinitas yang ditunjukan oleh teks dan gambar. Teks menampilkan tanda melalui nama merek, kampanye, dan tagline yang tertulis dalam iklan. Sementara, gambar menunjukan karakter maskulinitas dengan menampilkan pria sukses dan terkenal, tubuh pria ideal, jam tangan dan kalung mewah, pakaian berwarna biru dan hitam, latarbelakang tempat terbuka, dan lainnya. Kedua, teks bertindak sebagai relay yang menyediakan informasi merek dan produk. Teks juga bertindak sebagai anchorage dimana sebagian besar teks menandakan karakteristik sukses dan percaya diri. Selain itu, sebagian besar gambar dalam iklan menandakan karakteristik kekuatan, kekuasaan, sukses, percaya diri, dan petualangan. Ketiga, ada empat mitos maskulinitas yang ditemukan dari tanda-tanda maskulinitas tersebut.Mitos tersebut ialah: pria kuat dan berani; pria membutuhkan kesuksesan dan status; pria fanatic terhadap olahraga; dan warna biru adalah warna maskulin. Melalui analisis ini, ditemukan bahwa tanda dan mitos maskulinitas tersebut muncul sebagai konstruksi maskulinitas pada majalah Gentlemen’s Quarterly Edisi Spesial Ulang Tahun ke-50.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F17491
Subjects: S > S210 Semiotics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Mr Fathu Rahman Rosyidi
Date Deposited: 30 Sep 2020 01:28
Last Modified: 30 Sep 2020 01:28
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/5605

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year