PRASETYA, Aditya Dwi (2017) Strategi SMA Negeri 1 Rawalo dalam Upaya Menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas.pdf Restricted to Repository staff only Download (982kB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak.pdf Download (31kB) |
|
PDF (BabI)
BabI.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
PDF (BabII)
BabII.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
|
PDF (BabIII)
BabIII.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
PDF (BabIV)
BabIV.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
PDF (BabV)
BabV.pdf Download (26kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Strategi SMA Negeri 1 Rawalo Dalam Upaya Menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional”. Program adiwiyata adalah bentuk kerja sama Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengatasi kerusakan lingkungan dan mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Program adiwiyata merupakan program untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Tujuan program adiwiyata adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi SMA Negeri 1 Rawalo dalam upaya menjadi sekolah adiwiyata nasional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pemilihan informan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah model analisis data interaktif menurut Miles and Huberman dan keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, program adiwiyata di SMA Negeri 1 Rawalo dilihat dari aspek kebijakan berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan menunjukkan bahwa program adiwiyata sudah berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan namun perlunya komitmen yang tinggi oleh seluruh warga sekolah untuk terus mempertahankan lingkungan sekolah agar terus melindungi dan mengelola lingkungan hidup.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F17498 |
Subjects: | A > A496 Articulation Education School attendance E > E359 Environment |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Mr Fathu Rahman Rosyidi |
Date Deposited: | 06 Oct 2020 08:11 |
Last Modified: | 08 Jan 2021 09:22 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/5644 |
Actions (login required)
View Item |