KRISNAWATI, Krisnawati (2020) Pengaruh Lokus Kendali Internal, Komitmen Tugas, dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Purwokerto Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Krisnawati-C1L016035-skripsi-2020.pdf Download (207kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Krisnawati-C1L016035-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (704kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Krisnawati-C1L016035-Skripsi-2020.pdf Download (217kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Krisnawati-C1L016035-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Krisnawati-C1L016035-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Krisnawati-C1L016035-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Krisnawati-C1L016035-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Krisnawati-C1L016035-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Krisnawati-C1L016035-Skripsi-2020.pdf Download (329kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Krisnawati-C1L016035-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh (1) lokus kendali internal terhadap prestasi belajar, (2) komitmen tugas terhadap prestasi belajar, (3) kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar, (4) lokus kendali internal tehadap komitmen tugas, (5) kecerdasan emosional terhadap komitmen tugas, (6) lokus kendali internal terhadap prestasi belajar yang dimediasi oleh komitmen tugas, dan (7) kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar yang dimediasi oleh komitmen tugas. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X IPS dan X MIPA Peminatan Ekonomi. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 80 responden. Simple random sampling digunakan dalam penentuan responden. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data menggunakan IBM SPSS Statistics 23 menunjukkan bahwa: (1) Lokus kendali internal tidak berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. (2) Komitmen tugas berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. (3) Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. (4) Lokus kendali internal berpengaruh positif terhadap komitmen tugas. (5) Kecerdasan emosional tidak berpengaruh positif terhadap komitmen tugas. (6) Komitmen tugas memediasi hubungan kausal antara lokus kendali internal terhadap prestasi belajar siswa. (7) Komitmen tugas tidak memediasi hubungan kausal antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa. Implikasi dari kesimpulan diatas yaitu siswa diharapkan dapat belajar lebih giat dan lebih yakin bahwa prestasi yang diperoleh merupakan hasil kerja kerasnya sendiri, serta memiliki komitmen terhadap tugas dan mengendalikan emosi ke arah kegiatan yang positif sehingga berdampak baik bagi prestasi belajarnya. Guru hendaknya membimbing siswa agar bisa memiliki keyakinan atas usahnya sendiri, komitmen terhadap tugas, mengelola emosi agar prestasi belajarnya semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C20138 |
Uncontrolled Keywords: | lokus kendali internal, komitmen tugas, kecerdasan emosional, prestasi belajar |
Subjects: | A > A19 Academic achievement A > A484 Art Study and teaching I > I184 Intellect |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Krisnawati Krisnawati |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 07:15 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 07:30 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/5788 |
Actions (login required)
View Item |