Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Konstruksi Makna Media Sosial Zenly bagi Generasi Z

PUTRI, Aulia Sakina Nur Anisa (2020) Konstruksi Makna Media Sosial Zenly bagi Generasi Z. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Aulia Sakina-F1C016086-Skripsi-2020.pdf

Download (282kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Aulia Sakina-F1C016086-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Aulia Sakina-F1C016086-Skripsi-2020.pdf

Download (186kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Aulia Sakina-F1C016086-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Aulia Sakina-F1C016086-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Aulia Sakina-F1C016086-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Aulia Sakina-F1C016086-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Aulia Sakina-F1C016086-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Aulia Sakina-F1C016086-Skripsi-2020.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Aulia Sakina-F1C016086-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)

Abstract

Media Sosial Zenly merupakan Media Sosial pelacak yang diluncurkan pada 2016 silam dan menjadi Media Sosial yang banyak dipakai oleh Generasi Z, khususnya murid yang masih berada di bangku sekolah. Media Sosial Zenly memiliki pro-kontra dimana Media Sosial ini dianggap sebagai Media Sosial yang berbahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan, motif, dan sejauh mana penggunaan Media Sosial Zenly dikalangan Generasi Z yang memiliki klasifikasi usia mulai dari 15-18. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan studi Fenomenologi Alfred Schutz yang banyak digunakan untuk meneliti sebuah tindakan, motif, dan makna. Subjek penelitian difokuskan untuk meneliti pengalaman serta pengetahuan mengenai Media Sosial Zenly dikalangan Generasi Z yang berumur 15-18 tahun. Pengumpulan data dapat diperoleh dari informan yang telah dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling berdasarkan kriteria yang telah dibuat. Data yang diperoleh dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. penggalian data dilakukan dengan mencampurkan penggunaan pengumpulan data fenomenologi dan etnografi virtual. Hasil penelitian Generasi Z dalam memaknai Media Sosial Zenly melihat apabila penggunaan Media Sosial Zenly oleh Generasi Z berasal dari beberapa faktor: trending, ikut-ikutan teman, dan manfaat dari Media Sosial. Kata Kunci: Konstruksi makna, Motif, Generasi Z, Aplikasi, Media Sosial, Zenly, Media Sosial Zenly

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20187
Subjects: C > C634 Communication Mass media Telecommunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Aulia Sakina Nur Anisa Putri
Date Deposited: 23 Oct 2020 12:25
Last Modified: 23 Oct 2020 12:25
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/5819

Actions (login required)

View Item View Item