Pengaruh komposisi media tanam dan konsentrasi giberelin terhadap pertumbuhan dan hasil tomat (licopersicum esculentum mill) dalam pot

RAHAYU, Nurlana (2017) Pengaruh komposisi media tanam dan konsentrasi giberelin terhadap pertumbuhan dan hasil tomat (licopersicum esculentum mill) dalam pot. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Leglitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)

Abstract

Tomat merupakan salah satu komoditas hortikultura yang memiliki kandungan gizi seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan masyarakat. Kebutuhan tomat di masyarakat yang semakin meningkat secara umum belum diimbangi dengan peningkatan produksinya. Upaya dalam memenuhi kebutuhan tomat skala rumah tangga adalah dengan budidaya tomat dalam pot. Budidaya tomat dalam pot harus memerhatikan pengaturan komposisi media tanam. Komposisi media tanam yang tepat dapat memberikan pengaruh positif bagi pertumbuhan dan produksi tomat. Upaya lain untuk meningkatkan hasil tomat adalah dengan pemberian zat pengatur tumbuh salah satunya yaitu giberelin (GA3). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh komposisi media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tomat dalam pot, 2) mengetahui pengaruh konsentrasi giberelin terhadap pertumbuhan dan hasil tomat dalam pot, 3) mengetahui kombinasi komposisi media tanam dan konsentrasi giberelin yang terbaik untuk pertumbuhan dan hasil tomat dalam pot. Penelitian ini dilaksanakan di screen house Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman, Grendeng, Purwokerto Utara, Banyumas. Tanah yang digunakan adalah inseptisol. Penelitian dimulai pada bulan Maret 2017 sampai dengan Juni 2017. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan dua faktor yaitu komposisi media tanam (M1: tanah dan pupuk kandang kotoran sapi/1:1, M2: tanah dan pupuk kandang kotoran sapi/1:2, serta M3: tanah dan pupuk kandang kotoran sapi/2:1) dan konsentrasi giberelin (G0: 0 ppm, G1: 50 ppm dan G2: 100 ppm). Penelitian ini terdiri dari 9 kombinasi perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali. Variabel yang diamati terdiri dari tinggi tanaman, jumlah daun, bobot tanaman segar, bobot tanaman kering, bobot akar segar, volume akar, jumlah bunga, jumlah bunga gugur, jumlah buah, bobot buah, dan volume buah. Data dianalisis dengan anova diikuti oleh DMRT (5%). Hasil dari penelitian ini adalah: 1) komposisi media tanam antara tanah dan pupuk kandang kotoran sapi dengan perbandingan 1:2 berpengaruh lebih baik dibandingkan komposisi media tanam lainnya terhadap pertumbuhan dan hasil tomat dalam pot, 2) Konsentrasi giberelin 50 ppm dan 100 ppm meningkatkan bobot akar segar dan volume akar namun menurunkan jumlah bunga dan jumlah buah. Bobot akar segar pada perlakuan giberelin 50 ppm sebesar 83,222 gram dan pada 100 ppm sebesar 126,789 gram. Volume akar pada perlakuan giberelin 50 ppm sebesar 74,556 ml dan pada 100 ppm sebesar 108,933 m. Penurunan jumlah bunga akibat perlakuan giberelin 50 ppm sebesar 18,17% dan pada 100 ppm sebesar 26,99%. Penurunan jumlah buah akibat giberelin 50 ppm sebesar 18,53% dan pada 100 ppm sebesar 20%. 3) Interaksi komposisi media tanam dan konsentrasi giberelin tidak berpengaruh terhadap semua variabel pertumbuhan dan hasil tomat dalam pot.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A17281
Uncontrolled Keywords: media tanam,konsentrasi giberelin,tomat
Subjects: F > F120 Fertilization of plants
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 05 Nov 2018 07:24
Last Modified: 21 Dec 2021 02:53
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/585

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year