WIDAYATNI, Arum (2020) Analisis Resepsi Mahasiswi Terhadap Personal Branding Beauty Vlogger Abel Cantika Melalui Video Youtube. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Arum Widayatni-F1C016008-skripsi-2020.pdf Download (495kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Arum Widayatni-F1C016008-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Arum Widayatni-F1C016008-skripsi-2020.pdf Download (786kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Arum Widayatni-F1C016008-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (812kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Arum Widayatni-F1C016008-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Arum Widayatni-F1C016008-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (956kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Arum Widayatni-F1C016008-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Arum Widayatni-F1C016008-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Arum Widayatni-F1C016008-skripsi-2020.pdf Download (857kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Arum Widayatni-F1C016008-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) |
Abstract
Dunia kecantikan semakin berkembang didukung dengan kemajuan teknologi kini informasi tentang kecantikan dapat diakses melalui internet. Muncul media sosial bernama youtube yang memiliki fungsi sebagai media hiburan dan informasi. Beauty vlogger merupakan sebuah pekerjaan membuat segala video bertemakan kecantikan seperti make up dan skin care serta cara menggunakannya, tips dan trik seputar dunia kecantikan. Perkembangan dunia kecantikan ini membuat profesi beauty vlogger semakin banyak. Salah satu beauty vlogger yang terkenal di Indonesia adalah Abel Cantika. Ia sering bekerjasama dengan perusahaan make up besar seperti maybelline, emina dan wardah. Ia memiliki personal branding yang membedakannya denan beauty vlogger yang lain yaitu konsisten, sopan dan sederhana. Penelitian ini berusaha untuk menganalsiis bagaimana pemaknaan mahasiswi terhadap personal branding beauty vlogger Abel Cantika melalui video youtubenya. Dalam menganalisis personal branding Abel Cantika peneliti menggunakan teori analisis resepsi yang dicetuskan oleh Stuart Hall (1973) khalayak dalam memaknai pesan media dapat dibagi menjadi tiga posisi yaitu dominant hegemonic, negotiated dan oppositional. Peneliti berpedoman pada delapan konsep personal branding yang disampaikan oleh Peter Montoya yaitu Spesialisasi, Kepemimpinan, Kepribadian, Perbedaan, Visibilitas, Kesatuan, Keteguhan dan Niat Baik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik diskusi kelompok terarah atau focus group discussion (FGD) yang dilakukan pada enam mahasiswi Universitas Jenderal Soedirman dengan berbagai jurusan, angkatan dan latar belakang yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswi secara garis besar menerima dengan baik personal branding Abel Cantika sebagai seorang beauty vlogger, tiga informan secara konsisten menempati posisi dominant hegemonic dan tiga lainnya menempati posisi negotiated, tidak ditemukan sikap penolakan sehingga tidak ada informan yang masuk dalam posisi oppositional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F20190 |
Uncontrolled Keywords: | Beauty Vlogger, Personal Branding, Analisis Resepsi, Pemaknaan, Dominant Hegemonic, Negotiated, Oppositional |
Subjects: | P > P158 Personal appearance S > S454 Social surveys |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Arum Widayatni |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 03:54 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 03:54 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/5871 |
Actions (login required)
View Item |