Analisis Marjin Pemasaran Kentang (Solanum Tuberosum L.) Asal Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes

ALBARIZA, Valid (2017) Analisis Marjin Pemasaran Kentang (Solanum Tuberosum L.) Asal Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan Bagian Awal Tugas Akhir_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Dafarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)

Abstract

Kecamatan paguyangan merupakan daerah sentra penghasil kentang di Kabupaten Brebes, meskipun demikian para petani kentang di Kecamatan Brebes belum mendapatkan keuntungan secara maksimal karena adanya perbedaan harga di tingkat produsen dengan harga di tingkat akhir konsumen yang relatif tinggi, sedangkan saluran pemasarannya relatif pendek. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui marjin pemasaran kentang pada setiap Saluran pemasaran di kecamatan paguyangan kabupaten brebes. (2) Mengetahui besarnya bagian harga yang diterima oleh petani (farmer`s share) (3) Mengetahui besarnya profit margin yang diterima oleh masing-masing pedagang pada setiap saluran pemasaran. Penelitian dilakukan di desa pandansari, dan dusun taman, Kecamatan Paguyangan kabupaten brebes dan dilaksanakan pada bulan mei 2016 – Juni 2016. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei penentuan responden petani dengan metode simple random sampling dan untuk pedagang dengan metode snowball sampling. Jumlah responden petani sebanyak 19 orang dan jumlah pedagang yang dijadikan sampel sebanyak 10 orang yang terdiri dari 7 tengkulak Desa, 3 pedagang besar, 4 tengkulak pasar, 5 pedagang pengecer, analisis marjin pemasaran, farmer’s share, analisis profit margin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa marjin pemasaran kentang di Kecamatan Paguyangan di setiap saluran pemasaran yaitu: saluran I memiliki marjin pemasaran sebesar rp 4,000,00/kg, saluran ii sebesar rp4,200,00/kg, saluran iii sebesar rp4,400,00/kg. Farmer’s share terbesar ada pada saluran pemasaran I sebesar 60 persen. Persentase keuntungan terbesar pada saluran pemasaran I sebesar 85.81 persen. Kata kunci : Kentang, marjin pemasaran, farmer share, dan saluran pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A17145
Uncontrolled Keywords: Kentang, Marjin pemasaran, Farmer share, Saluran pemasaran
Subjects: F > F63 Farm produce Marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs Sri Hartati
Date Deposited: 09 Jan 2019 03:44
Last Modified: 09 Jul 2020 04:35
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item View Item