Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Rancang Bangun dan Analisis Komunikasi Data Sistem Pengendali Robot ABU (KRAI) Menggunakan Wireless Gamepad

WIBOWO, Chakti Wicaksono (2020) Rancang Bangun dan Analisis Komunikasi Data Sistem Pengendali Robot ABU (KRAI) Menggunakan Wireless Gamepad. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Chakti Wicaksono Wibowo-H1A016056-Skripsi-2020.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Chakti Wicaksono Wibowo-H1A016056-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Chakti Wicaksono Wibowo-H1A016056-Skripsi-2020.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Chakti Wicaksono Wibowo-H1A016056-Skripsi-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Chakti Wicaksono Wibowo-H1A016056-Skripsi-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Chakti Wicaksono Wibowo-H1A016056-Skripsi-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Chakti Wicaksono Wibowo-H1A016056-Skripsi-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Chakti Wicaksono Wibowo-H1A016056-Skripsi-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Chakti Wicaksono Wibowo-H1A016056-Skripsi-2020.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Chakti Wicaksono Wibowo-H1A016056-Skripsi-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)

Abstract

Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) adalah salah satu divisi dalam Kontes Robot Indonesia (KRI). KRAI mengusung tema Rugby untuk tahun 2020. Setiap tim harus membuat dua buah robot yang dapat mengambil bola lalu meletakannya pada tempat yang disediakan dan menendang bola ke gawang. Setiap robot harus memiliki pengendali yang mudah dan dapat bekerja pada area yang cukup luas. Namun apabila pengendali yang digunakan masih menggunakan kabel maka dapat mengurangi fleksibilitas driver robot dalam mengendalikan robot karena mempersempit ruang dengan robot itu sendiri. Wireless gamepad menjadi pilihan pengendali yang cukup efektif dalam hal ini. Wireless gamepad adalah salah satu tipe kontroler permainan yang mengutamakan penggunaan jari untuk mengoperasikannya. Wireless gamepad di antarmuka dengan pengendali utama yaitu Arduino Mega 2560. Data dari sinyal perintah gamepad berupa data biner 1 byte atau 8 bit untuk setiap tombol gamepad yang ditekan kemudian dikonversi menjadi sinyal kendali oleh pengendali. Hasil dari penelitian ini berupa nilai data dan bagaimana respon pengendali utama ketika menerima data dari sinyal tersebut. Ketika nilai data bernilai 1 sampai 12 maka robot akan merespon dengan bergerak maju, mundur, geser kanan, geser kiri dan serong. Ketika data bernilai 6144 dan 4608 maka robot merespon dengan menggerakan dua buah motor servo untuk mengangkat dan menurunkan bola rugby. Lalu ketika data bernilai 12288 dan 36864 maka robot merespon dengan melempar robot dan reset pelemparnya. Robot juga dapat bergerak sejauh 7 meter dari gamepad yang dioperasikan oleh pengguna tanpa adanya delay perintah yang meningkat signifikan di setiap jaraknya. Jadi dengan memanfaatkan wireless gamepad , maka robot dapat dengan lebih mudah dikendalikan pada area yang cukup luas karena pergerakan pengguna robot tidak akan terhambat oleh adanya kabel penghubung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H20120
Uncontrolled Keywords: Wireless gamepad, Robot, aktuator
Subjects: R > R290 Robots
W > W158 Wireless communication systems
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Mr Chakti Wicaksono Wibowo
Date Deposited: 09 Nov 2020 07:33
Last Modified: 09 Nov 2020 07:33
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/5953

Actions (login required)

View Item View Item