Uji performansi tungku biomassa berbahan bakar serbuk kayu dan sekam padi di UD. Sansibar Desa Panembangan Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas

ABDURACHMAN, Arif (2017) Uji performansi tungku biomassa berbahan bakar serbuk kayu dan sekam padi di UD. Sansibar Desa Panembangan Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)

Abstract

Desa Panembangan, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas merupakan desa yang rata-rata mata pencaharian masyarakatnya adalah sebagai petani nira (gula kelapa). Biasanya industri kecil gula kelapa cetak maupun gula semut memakai tungku berbahan bakar biomassa. Bahan bakar biomassa dipilih karena lebih murah dan memanfaatkan limbah yang ada. Pada penelitian ini tungku Lorena terdapat penambahan besi poros 2 sisi dan 4 sisi untuk membantu proses pemadatan dan meningkatkan nilai efisiensi energi. Perlu adanya penelitian untuk analisis efisiensi energi tungku pemasakan tersebut. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui efisiensi energi dari tungku, waktu penyalaan bahan bakar, waktu mendidihkan air, dan laju konsumsi bahan bakar dengan menggunakan bahan bakar serbuk kayu, sekam padi, dan campuran keduanya. Penelitian dilakukan di Desa Panembangan, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas dari bulan Desember 2016 sampai Januari 2017. Tahapan awal dari penelitian adalah mengamati keluhan dan permasalahan yang ada pada saat memasak gula. Setelah data terhimpun, rancangan tungku Lorena dibuat menggunakan aplikasi Auto Cad 2007. Tungku hasil rancangan diuji dengan mendidihkan air. Variabel yang diamati adalah waktu penyalaan bahan bakar dan waktu pendidihan air, efisiensi energi, dan laju konsumsi bahan bakar. Perlakuan yang dilakukan adalah dengan penggunaan besi poros dan tanpa penggunaan besi poros di dalam tungku Lorena. Kemudian dilakukan pembakaran dengan bahan bakar yang berbeda yakni serbuk kayu albasia, sekam padi, dan campuran serbuk kayu dengan sekam padi. Percobaan dilakukan pengulangan sebanyak dua kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Efisiensi energi tertinggi pada bahan bakar serbuk kayu adalah perlakuan tanpa besi poros sebesar 13,90%, pada bahan bakar campuran adalah perlakuan besi poros 2 sisi sebesar 10,22%, dan pada bahan bakar sekam padi adalah perlakuan besi poros 4 sisi sebesar 8,20%. (2) Laju konsumsi bahan bakar paling hemat pada bahan bakar serbuk kayu adalah perlakuan tanpa besi poros sebesar 3,93 kg/jam, pada bahan bakar campuran adalah perlakuan besi poros 2 sisi sebesar 5,88 kg/jam, dan pada bahan bakar sekam padi adalah perlakuan besi poros 2 sisi sebesar 6,13 kg/jam. (3) Waktu penyalaan bahan bakar dan pendidihan air paling cepat pada bahan bakar serbuk kayu adalah perlakuan tanpa besi poros masing-masing menit ke-8,12 dan menit ke-30,00, pada bahan bakar campuran adalah perlakuan tanpa besi poros masing-masing menit ke-7,00 dan menit ke-20,00, dan pada bahan bakar sekam padi adalah perlakuan besi poros 2 sisi masing-masing menit ke-7,00 dan menit ke-20,00. Efisiensi termal tungku dipengaruhi oleh nilai kalor bahan bakar, jenis bahan bakar, dan penggunaan besi poros.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A17291
Uncontrolled Keywords: tungku biomassa,serbuk kayu,sekam padi
Subjects: A > A133 Agricultural engineering
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Teknik Pertanian
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 06 Nov 2018 04:01
Last Modified: 21 Dec 2021 02:44
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year