Analisis Partisipasi Generasi Muda sebagai Penyelenggara Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Tegal

AZMI, Ammar Mohammad Adila Al (2020) Analisis Partisipasi Generasi Muda sebagai Penyelenggara Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Tegal. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Ammar Mohammad Adila Al Azmi-F1D016002-Skripsi-2020.pdf.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ammar Mohammad Adila Al Azmi-F1D016002-Skripsi-2020.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ammar Mohammad Adila Al Azmi-F1D016002-Skripsi-2020.pdf.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Ammar Mohammad Adila Al Azmi-F1D016002-Skripsi-FISIP-2020.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Ammar Mohammad Adila Al Azmi-F1D016002-Skrpsi-FISIP-2020.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Ammar Mohammad Adila Al Azmi-F1D016002-Skripsi-FISIP-2020.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Ammar Mohammad Adila Al Azmi-F1D016002-Skripsi-FISIP-2020.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Ammar Mohammad Adila Al Azmi-F1D016002-Skripsi-FISIP-2020.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ammar Mohammad Adila Al Azmi-F1D016002-Skripsi-2020.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ammar Mohammad Adila Al Azmi-F1D016002-Skripsi-2020.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul : ANALISIS PARTISIPASI GENERASI MUDA SEBAGAI PENYELENGGARA PEMILU TAHUN 2019 DI KABUPATEN TEGAL. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui dan memahami partisipasi generasi muda sebagai penyelenggara pemilu tahun 2019 di Kabupaten Tegal. Dalam penelitian menggunakan paradigma konstruktivisme, sedangkan metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa ada perbedaan partisipasi generasi muda di Kabupaten Tegal. Terdapat empat desa yang mewakili dua wilayah yang berbeda yaitu wilayah pesisir dan wilayah agraris. Untuk desa di wilayah pesisir yaitu Desa Munjungagung dan Desa Padaharja, sedangkan desa di wilayah agraris yaitu Desa Sesepan dan Desa Carul. Pertama, jumlah generasi muda yang berpartisipasi sebagai petugas penyelenggara pemilu di Kabupaten Tegal sudah cukup banyak. Karena hampir menyentuh angka setengah dari total petugas yang terlibat adapula yang sudah melebihi setengah dari total petugas yang terlibat. Kedua, kontribusi generasi muda pada saat menjadi petugas penyelenggara pemilu di Kabupaten Tegal sudah cukup baik. Ketiga, terkait rekrutmen petugas penyelenggara pemilu di Kabupaten Tegal cenderung sama. Karena hampir empat desa yang berada di Kabupaten Tegal melakukan rekrutmen sesuai prosedur yang sudah ditentukan. Dalam melakukan rekrutmen ada beberapa kendala yang tidak dapat dihindari seperti kurangnya orang yang berpendidikan dan petugas penyelenggara pemilu yang sudah lebih dari dua periode terlibat. Sehingga ada beberapa alternatif yang diberikan masing-masing desa untuk mengatasi kendala tersebut. Keempat, faktor pendorong para generasi muda di Kabupaten Tegal bermacam-macam sesuai keadaan sosial budaya masyarakat di masing-masing desa seperti karena ingin mencari pengalaman, ingin berkontribusi untuk desa, ingin mengetahui proses pemilu. Kelima, ada beberapa faktor yang menjadi penghambat generasi muda tidak bisa terlibat menjadi petugas penyelenggara pemilu di Kabupaten Tegal seperti karena kendala pekerjaan, tidak berminat dan sedang di luar kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20220
Subjects: E > E102 Elections
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Mr Ammar Mohammad Adila Al Azmi
Date Deposited: 16 Nov 2020 04:54
Last Modified: 16 Nov 2020 04:54
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/6138

Actions (login required)

View Item View Item