Tanggung jawab PT. Bhanda Ghara Reksa (persero) selaku penyedia jasa angkutan darat dalam pengangkutan pupuk apabila terjadi kesusutan dan kerusakan kantong produk pupuk ditinjau dari Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

BAHTERA, Naufal Arif (2017) Tanggung jawab PT. Bhanda Ghara Reksa (persero) selaku penyedia jasa angkutan darat dalam pengangkutan pupuk apabila terjadi kesusutan dan kerusakan kantong produk pupuk ditinjau dari Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal tugas akhir_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img]
Preview
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar pustaka_1.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

Perilaku pelaku usaha yang kadang menimbulkan kerugian terhadap pengguna jasa merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu dibuatlah Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang di dalamnya mengatur tentang tanggung jawab pelaku usaha. Berdasarkan pada pengangkutan Pupuk yang dilakukan oleh PT. Bhanda Ghara Reksa (Persero) selaku penyedia jasa angkutan darat yang dalam beberapa pelaksanaannya mengakibatkan kesusutan Pupuk dan kerusakan Kantong Produk Pupuk yang diangkutnya. membuat penulis tertarik untuk membuat skripsi tentang bentuk tanggung jawab pelaku usaha. Penelitian ini disusun menggunakan metode pendekatan yuridis normatif dengan menggambarkan suatu objek atau peristiwa. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa buku-buku literatur, peraturan perundang-undangan, dokumen resmi, dan situs-situs internet dengan cara studi pustaka, yaitu dengan menginventarisasi data-data tersebut yang kemudian disajikan dalam bentuk uraian sistematis. Data-data yang diperoleh dianalisa dan dijabarkan berdasarkan norma hukum yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian dan pembahasan dari skripsi ini menunjukkan bahwa PT. Bhanda Ghara Reksa (Persero) telah melaksanakan tanggung jawabnya sesuai dengan Pasal 193 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Pasal 19 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen sebagi pengangkut yang juga berkedudukan sebagai pelaku usaha dengan memberikan ganti kerugian kepada pengirim atas kesusutan Pupuk dan atau kerusakan Kantong Produk Pupuk milik pengirim yang diangkut menggunakan jasa angkutan darat yang disediakan oleh PT. Bhanda Ghara Reksa (Persero).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E17.044
Uncontrolled Keywords: Perlindungan konsumen, tanggung jawab, kerugian
Subjects: C > C792 Consumer protection
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 08 Oct 2018 03:20
Last Modified: 08 Oct 2018 03:20
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/63

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year