RAHMAWATI, Dinia (2020) Perbandingan Usability Testing pada Mobile Commerce dan Social Commerce untuk Mengidentifikasi Perilaku Pengguna dengan Think. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Dinia Rahmawati-H1E016020-Skripsi-FT-2020.pdf Download (113kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dinia Rahmawati-H1E016020-Skripsi-FT-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dinia Rahmawati-H1E016020-Skripsi-FT-2020.pdf Download (89kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Dinia Rahmawati-H1E016020-Skripsi-FT-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Dinia Rahmawati-H1E016020-Skripsi-FT-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Dinia Rahmawati-H1E016020-Skripsi-FT-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Dinia Rahmawati-H1E016020-Skripsi-FT-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Dinia Rahmawati-H1E016020-Skripsi-FT-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dinia Rahmawati-H1E016020-Skripsi-FT-2020.pdf Download (316kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dinia Rahmawati-H1E016020-Skripsi-FT-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Belanja online merupakan suatu hal yang sangat familiar bagi para pembeli saat ini. Belanja online dapat dilakukan baik melalui perangkat seluler maupun aplikasi media sosial. Oleh karena itu, belanja online memiliki dua cara, pertama melalui perangkat mobile disebut mobile commerce (m-commerce), dan keduamelaluimediasosial disebut social commerce (s-commerce). Toko online yang bertindak sebagai penjual baik di m-commerce maupun s-commerce harus memantau faktor-faktor yang mempengaruhi calon konsumen selama proses pembeliannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap dan perilaku pengguna terhadap faktor yang paling diperhatikan dalam aktivitas belanja online. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan usability testing, dengan tambahan think aloud protocol. Sebanyak 20 faktor yang diteliti pada penelitian ini, dan metode statistik deskriptif juga digunakan untuk menganalisis data. Sampel pada kuisioner berjumlah 200 responden, dan 50 sampel responden pada usability testing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama sebagai faktor yang paling diperhatikan pada aktivitas belanja online baik pada user attitude maupun user behaviour memiliki hasil yang berbeda. Faktor utama pada user attitude berdasarkan hasil studi kuisioner adalah spesifikasi produk, sedangkan pada user behaviour berdasarkan hasil studi usability testing adalah gambar dan / atau video produk. Terakhir, baik m-commerce maupun s-commerce memiliki hasil yang sama pada faktor utama sebagai faktor yang paling diperhatikan dalam aktivitas belanja online, yaitu gambar dan / atau video produk.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H20147 |
Uncontrolled Keywords: | m-commerce, s-commerce, user attitude, user behaviour |
Subjects: | C > C599 Commerce H > H305 Human behavior |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | Mrs Dinia Rahmawati |
Date Deposited: | 27 Nov 2020 04:37 |
Last Modified: | 27 Nov 2020 04:37 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/6371 |
Actions (login required)
View Item |