Perbandingan Usability Testing pada Mobile Commerce dan Social Commerce untuk Mengidentifikasi Perilaku Pengguna dengan Think

RAHMAWATI, Dinia (2020) Perbandingan Usability Testing pada Mobile Commerce dan Social Commerce untuk Mengidentifikasi Perilaku Pengguna dengan Think. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Dinia Rahmawati-H1E016020-Skripsi-FT-2020.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dinia Rahmawati-H1E016020-Skripsi-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dinia Rahmawati-H1E016020-Skripsi-FT-2020.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Dinia Rahmawati-H1E016020-Skripsi-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Dinia Rahmawati-H1E016020-Skripsi-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Dinia Rahmawati-H1E016020-Skripsi-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Dinia Rahmawati-H1E016020-Skripsi-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Dinia Rahmawati-H1E016020-Skripsi-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dinia Rahmawati-H1E016020-Skripsi-FT-2020.pdf

Download (316kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dinia Rahmawati-H1E016020-Skripsi-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Belanja online merupakan suatu hal yang sangat familiar bagi para pembeli saat ini. Belanja online dapat dilakukan baik melalui perangkat seluler maupun aplikasi media sosial. Oleh karena itu, belanja online memiliki dua cara, pertama melalui perangkat mobile disebut mobile commerce (m-commerce), dan keduamelaluimediasosial disebut social commerce (s-commerce). Toko online yang bertindak sebagai penjual baik di m-commerce maupun s-commerce harus memantau faktor-faktor yang mempengaruhi calon konsumen selama proses pembeliannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap dan perilaku pengguna terhadap faktor yang paling diperhatikan dalam aktivitas belanja online. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan usability testing, dengan tambahan think aloud protocol. Sebanyak 20 faktor yang diteliti pada penelitian ini, dan metode statistik deskriptif juga digunakan untuk menganalisis data. Sampel pada kuisioner berjumlah 200 responden, dan 50 sampel responden pada usability testing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama sebagai faktor yang paling diperhatikan pada aktivitas belanja online baik pada user attitude maupun user behaviour memiliki hasil yang berbeda. Faktor utama pada user attitude berdasarkan hasil studi kuisioner adalah spesifikasi produk, sedangkan pada user behaviour berdasarkan hasil studi usability testing adalah gambar dan / atau video produk. Terakhir, baik m-commerce maupun s-commerce memiliki hasil yang sama pada faktor utama sebagai faktor yang paling diperhatikan dalam aktivitas belanja online, yaitu gambar dan / atau video produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H20147
Uncontrolled Keywords: m-commerce, s-commerce, user attitude, user behaviour
Subjects: C > C599 Commerce
H > H305 Human behavior
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: Mrs Dinia Rahmawati
Date Deposited: 27 Nov 2020 04:37
Last Modified: 27 Nov 2020 04:37
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/6371

Actions (login required)

View Item View Item