ZAKIYYAH, Syifa (2020) Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Parigi Kabupaten Pangandaran. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Syifa Zakiyyah-G1F013006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Download (382kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Syifa Zakiyyah-G1F013006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (882kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Syifa Zakiyyah-G1F013006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Download (232kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Syifa Zakiyyah-G1F013006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Syifa Zakiyyah-G1F013006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (686kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Syifa Zakiyyah-G1F013006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (962kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Syifa Zakiyyah-G1F013006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Syifa Zakiyyah-G1F013006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Syifa Zakiyyah-G1F013006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Download (609kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Syifa Zakiyyah-G1F013006-Skripsi-FIKES-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Kualitas pelayanan kefarmasian di Puskesmas dapat dievaluasi dengan mengukur kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kefarmasian serta mengetahui apakah karakteristik masyarakat mempengaruhi kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Parigi. Metodologi: Penelitian ini merupakan studi observasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel accidental sampling kepada 110 responden yang telah mendapatkan pelayanan kefarmasian sesuai dengan kriteria inklusi. Instrumen dalam penelitian berupa Patient Satisfaction with Pharmacist Service Questionnaire. Data karakteristik masyarakat dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney pada karakteristik jenis kelamin dan status pekerjaan, sedangkan uji Kruskal-Wallis pada karakteristik usia dan tingkat pendidikan. Data kepuasan responden dianalisis secara deskriptif dengan menilai skor dan tingkat kepuasan. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien berada pada tingkat puas dengan rata-rata 3,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada semua karakteristik masyarakat yaitu jenis kelamin, usia, dan status pekerjaan terhadap kepuasan pasien (p>0,05). Kesimpulan: Masyarakat merasa puas dengan pelayanan kefarmasian yang telah diberikan di Puskesmas Parigi dan tidak ada perbedaan kepuasan pasien pada karakteristik jenis kelamin, usia, dan status pekerjaan Kata Kunci: Kepuasan masyarakat, pelayanan kefarmasian, karakteristik pasien.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I20142 |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan masyarakat, pelayanan kefarmasian,puskesmas |
Subjects: | C > C626 Commu nity health services P > P202 Pharmacy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi |
Depositing User: | Mrs Syifa Zakiyyah |
Date Deposited: | 15 Dec 2020 02:25 |
Last Modified: | 15 Dec 2020 02:25 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/6816 |
Actions (login required)
View Item |