Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Parigi Kabupaten Pangandaran

ZAKIYYAH, Syifa (2020) Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Parigi Kabupaten Pangandaran. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Syifa Zakiyyah-G1F013006-Skripsi-FIKES-2020.pdf

Download (382kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Syifa Zakiyyah-G1F013006-Skripsi-FIKES-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Syifa Zakiyyah-G1F013006-Skripsi-FIKES-2020.pdf

Download (232kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Syifa Zakiyyah-G1F013006-Skripsi-FIKES-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Syifa Zakiyyah-G1F013006-Skripsi-FIKES-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Syifa Zakiyyah-G1F013006-Skripsi-FIKES-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Syifa Zakiyyah-G1F013006-Skripsi-FIKES-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Syifa Zakiyyah-G1F013006-Skripsi-FIKES-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Syifa Zakiyyah-G1F013006-Skripsi-FIKES-2020.pdf

Download (609kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Syifa Zakiyyah-G1F013006-Skripsi-FIKES-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Kualitas pelayanan kefarmasian di Puskesmas dapat dievaluasi dengan mengukur kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kefarmasian serta mengetahui apakah karakteristik masyarakat mempengaruhi kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Parigi. Metodologi: Penelitian ini merupakan studi observasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel accidental sampling kepada 110 responden yang telah mendapatkan pelayanan kefarmasian sesuai dengan kriteria inklusi. Instrumen dalam penelitian berupa Patient Satisfaction with Pharmacist Service Questionnaire. Data karakteristik masyarakat dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney pada karakteristik jenis kelamin dan status pekerjaan, sedangkan uji Kruskal-Wallis pada karakteristik usia dan tingkat pendidikan. Data kepuasan responden dianalisis secara deskriptif dengan menilai skor dan tingkat kepuasan. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien berada pada tingkat puas dengan rata-rata 3,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada semua karakteristik masyarakat yaitu jenis kelamin, usia, dan status pekerjaan terhadap kepuasan pasien (p>0,05). Kesimpulan: Masyarakat merasa puas dengan pelayanan kefarmasian yang telah diberikan di Puskesmas Parigi dan tidak ada perbedaan kepuasan pasien pada karakteristik jenis kelamin, usia, dan status pekerjaan Kata Kunci: Kepuasan masyarakat, pelayanan kefarmasian, karakteristik pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I20142
Uncontrolled Keywords: Kepuasan masyarakat, pelayanan kefarmasian,puskesmas
Subjects: C > C626 Commu nity health services
P > P202 Pharmacy
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi
Depositing User: Mrs Syifa Zakiyyah
Date Deposited: 15 Dec 2020 02:25
Last Modified: 15 Dec 2020 02:25
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/6816

Actions (login required)

View Item View Item