Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi terhadap Konsumsi Beras Rumah Tangga Tani Penerima Raskin di Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas

MAESI, Rista Ken (2017) Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi terhadap Konsumsi Beras Rumah Tangga Tani Penerima Raskin di Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak .pdf

Download (863kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)

Abstract

Kerawanan pangan di berbagai daerah merupakan ancaman serius bagi ketahanan pangan di masa yang akan datang. Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas merupakan salah satu kecamatan yang termasuk dalam kategori rawan pangan. Jumlah penduduk Kecamatan Kebasen sebanyak 57.262 orang, memiliki jumlah keluarga pra sejahtera yang masih tinggi yaitu sebanyak 15.744 Kepala Keluarga dan memiliki jumlah Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat sebanyak 5.008 Kepala Keluarga. Sebagian besar penduduk Kecamatan Kebasen memiliki matapencaharian sebagai petani/buruh tani yaitu sebanyak 15.749 orang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghitung besarnya pendapatan rumah tangga tani penerima raskin di Kecamatan Kebasen, (2) Menghitung besarnya konsumsi beras dan ketersediaan beras rumah tangga tani penerima raskin di Kecamatan Kebasen, (3) Menganalisis pengaruh faktor sosial ekonomi terhadap konsumsi beras rumah tangga tani di Kecamatan Kebasen. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan sasaran penelitian rumah tangga tani penerima bantuan raskin (beras miskin) yang diambil berdasarkan data yang diperoleh dari Daftar Penerima Manfaat (DPM) tahun 2014 di Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. Metode sampling yang digunakan adalah metode simple random sampling, dari hasil perhitungan didapatkan 63 sampel. Variabel yang diteliti yaitu konsumsi dan ketersediaan beras, pendapatan, pengetahuan gizi, matapencaharian, jumlah anggota keluarga, harga beras dan harga barang substitusi (singkong). Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis pendapatan, analisis ketersediaan beras, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata pendapatan rumah tangga tani Kecamatan Kebasen sebesar Rp1.750.000 per bulan dengan rata-rata pengeluaran pangan sebesar Rp587.000 per bulan. Pengeluaran pangan untuk konsumsi beras sebesar Rp273.500 atau setara dengan 35kg per bulan. (2) Ketersediaan beras rumah tangga tani penerima raskin di Kecamatan Kebasen sebanyak 30kg – 39kg setiap bulan. Rata-rata besarnya konsumsi beras rumah tangga tani sebanyak 33,25kg per bulan. Rata-rata jumlah anggota keluarga di Kecamatan Kebasen sebanyak 4 orang dan besarnya konsumsi beras untuk satu orang setiap harinya adalah 300gram. Besarnya rata-rata konsumsi beras untuk 4 orang adalah 1,2kg setiap harinya. (3) faktor yang berpengaruh yaitu jumlah anggota keluarga, dimana setiap penambahan jumlah anggota keluarga sebesar satu orang, akan menaikkan jumlah konsumsi beras sebesar 9,507kg karena rumah tangga tani Kecamatan Kebasen lebih memilih beras sebagai makanan utama dan harga beras, dimana setiap kenaikkan harga beras sebesar satu rupiah, akan menurunkan konsumsi beras sebesar 0,003kg.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A17016
Subjects: A > A128 Agricultural
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mr Rohmadi Rohmadi
Date Deposited: 16 Nov 2018 02:13
Last Modified: 23 Jun 2022 08:54
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/696

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year