TURROHMAH, Fannya (2020) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Blog, Keaktifan Belajar dan Berpikir Kritis terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA N 4 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Fannya Turrohmah-C1L016016-SKRIPSI-2020.pdf Download (175kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fannya Turrohmah-C1L016016-SKRIPSI -2020.pdf Download (347kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Fannya Turrohmah-C1L016016-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Fannya Turrohmah-C1L016016-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Fannya Turrohmah-C1L016016-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Fannya Turrohmah-C1L016016-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Fannya Turrohmah-C1L016016-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fannya Turrohmah-C1L016016-SKRIPSI-2020.pdf Download (253kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fannya Turrohmah-C1L016016-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fannya Turrohmah-C1L016016-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (761kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen survei dengan pendekatan kuantitatif pada kelas XI IPS SMA Negeri 4 Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Perbedaan prestasi belajar ekonomi pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis blog dengan media konvensional; (2) Pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 4 Purwokerto; (3) Pengaruh berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 4 Purwokerto. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Purwokerto. Pengambilan sampel penelituian menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan sampe sebanyak 69 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda, Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Linieritas, Uji Homogenitas (t-Test), Uji Reliabilitas, Tingkat Kesukaran dan Uji Validitas. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan SPSS 25 menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar ekonomi antara pembelajaran menggunakan media berbasis blog dengan media konvensional; (2) Terdapat pengaruh positif keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 4 Purwokerto; (3) Terdapat pengaruh positif berpikir kritis siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 4 Purwokerto. Berdasarkan hasil perhitungan SPSS 25 menunjukan pengaruh media pembelajaran berbasis blog, keaktifan belajar siswa dan berfikir kritis siswa terhadap prestasi belajar siswa sebesar 14,4% dan sementara sisanya 85,6% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Implikasi dari penelitian ini adalah dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 4 Purwokerto, diharapkan sekolah dan guru dapat merancang media atau metode pembelajaran yang menarik siswa agar lebih aktif dalam belajar dan berfikir kritis dapat dilakukan dengan pemanfaatan internet. Bagi siswa yang sudah memiliki keaktifan belajar dan berpikir kritis yang tinggi harus diimbangi dengan prestasi belajar yang tinggi. Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Blog, Keaktifan Belajar, Berpikir Kritis, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C21009 |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Berbasis Blog, Keaktifan Belajar, Berpikir Kritis, Prestasi Belajar |
Subjects: | A > A19 Academic achievement S > S774 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Fannya Turrohmah |
Date Deposited: | 15 Jan 2021 04:47 |
Last Modified: | 15 Jan 2021 04:47 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7018 |
Actions (login required)
View Item |