NUGROHO, Lutfi Susilo (2019) Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Dengan Lingkungan Sosial Sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Lutfi Susilo Nugroho-C1L015006-skripsi-2019.pdf Download (62kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Lutfi Susilo Nugroho-C1L015006-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Lutfi Susilo Nugroho-C1L015006-skripsi-2019.pdf Download (10kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Lutfi Susilo Nugroho-C1L015006-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Lutfi Susilo Nugroho-C1L015006-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Lutfi Susilo Nugroho-C1L015006-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Lutfi Susilo Nugroho-C1L015006-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Lutfi Susilo Nugroho-C1L015006-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Lutfi Susilo Nugroho-C1L015006-skripsi-2019.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Lutfi Susilo Nugroho-C1L015006-skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman mengunjungi perpustakaan bukan sekedar untuk membaca buku melainkan juga untuk menggunakan fasilitas internet (wi-fi) sehingga peran buku sebagai sumber belajar mulai tergantikan oleh adanya pemanfaatan internet. Selain itu, Kemandirian belajar mahasiswa belum optimal dikarenakan mahasiswa akan belajar lebih giat ketika menjelang ada ujian yaitu dengan mengikuti kegitan belajar bersama yang diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa. Hal tersebut mengindikasikan bahwa kemandirian belajar yang dimiliki mahasiswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan lingkungan sosial sebagai variabel pemoderasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 130 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan menggunakan analisis data berupa uji t, analisis regresi linear berganda dan analisis regresi moderasi metode selisih mutlak pada aplikasi SPSS v 25 for windows. Berdasarksan hasil analisis yang diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Pemanfaatan internet tidak berpengaruh positif terhadap prestasi belajar (2) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar (3) Lingkungan sosial tidak memoderasi pengaruh antara pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar (4) Lingkungan sosial tidak memoderasi antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C19399 |
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan Internet, Kemandirian Belajar, Lingkungan Sosial dan Prestasi Belajar. |
Subjects: | A > A19 Academic achievement |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Supriyana Supriyana |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 07:04 |
Last Modified: | 18 Jan 2021 07:04 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7050 |
Actions (login required)
View Item |