SAYEKTI, Asri (2019) Pengaruh Pendidikan Karakter, Pola Asuh Orang Tua dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Baturraden. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Asri Sayekti-C1L015020-Skripsi-2019.pdf.pdf Download (332kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Asri Sayekti-C1L015020-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (654kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Asri Sayekti-C1L015020-Skripsi-2019.pdf Download (116kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Asri Sayekti-C1L015020-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Asri Sayekti-C1L015020-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Asri Sayekti-C1L015020-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Asri Sayekti-C1L015020-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Asri Sayekti-C1L015020-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Asri Sayekti-C1L015020-Skripsi-2019.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Asri Sayekti-C1L015020-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar faktor eksternal memengaruhi hasil belajar siswa. Seseorang yang mendapatkan dukungan dari luar dirinya secara tidak langsung dapat membetuk karakter seseorang, hubungan pertemanan antar siswa mendorong dirinya untuk meningkatkan hasil belajar yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter, pola asuh orang tua dan pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa SMA N 1 Baturraden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI baik MIPA dan IPS SMA N 1 Baturraden sebayak 655 siswa. Teknik pengambilan sampling menggunakan stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 131 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi yang dilakukan penulis saat melakukan Program Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA N 1 Baturraden, wawancara dengan salah satu guru di SMA N 1 Baturraden dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan, 1) pendidikan karakter berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa SMA N 1 Baturraden yang dibuktikan dengan nilai thitung 2,032 > nilai ttabel 1,978. 2). Pola asuh orang tua berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa SMA N 1 Baturraden, yang dibuktikan dengan hasil nilai thitung 2,892 > nilai ttabel 1,978. 3). Pergaulan teman sebaya berpengaruh terhadap hasil belajar sisw SMA N 1 Baturraden, yang dibuktikan dengan hasil nilai thitung 2,366 > nilai t tabel 1,978. Nilai koefisien determinasi (R 2 ) yang menunjukkan besarnya kontribusi variabel pendidikan karakter, pola asuh orang tua dan pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa sebesar 18,2%, sisanya 81,8% lainnya merupakan variabel yang tidak diteliti seperti sumber belajar, motivasi belajar, disiplin belajar dan kecerdasan emosional siswa. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter pola asuh orang tua dan pergaulan teman sebaya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C19420 |
Uncontrolled Keywords: | pendidikan karakter, pola asuh orang tua, pergaulan teman sebaya, hasil belajar |
Subjects: | A > A19 Academic achievement |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 1041 not found. |
Date Deposited: | 19 Jan 2021 02:52 |
Last Modified: | 19 Jan 2021 02:52 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7086 |
Actions (login required)
View Item |