Kajian teknik budidaya tanaman melati putih (jasminum sambac l.) Terhadap Produktivitas Pada Lahan Tegalan dan Pasir Pantai di Kabupaten Tegal

MUTIARA, Sinta (2017) Kajian teknik budidaya tanaman melati putih (jasminum sambac l.) Terhadap Produktivitas Pada Lahan Tegalan dan Pasir Pantai di Kabupaten Tegal. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak .pdf

Download (713kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Melati putih (Jasminum sambac L.) merupakan salah satu bunga yang dikenal masyarakat secara luas memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi, dan banyak digunakan sebagai pewangi teh serta bahan parfum dari bunga melati. Penanganan budidaya melati yang tidak tepat dapat mengakibatkan produksi bunga menurun, ada beberapa teknik budidaya tanaman melati antara lain: persiapan lahan, pengolahan lahan, bibit tanaman melati, penanaman, pengairan, penyiangan, pemupukan, pemberantasan hama dan penyakit, pemangkasan, tindakan panen dan pascapanen. Melati putih dapat ditanam di lahan marginal (lahan pasir) dan lahan kering (lahan tegalan) kedua lahan ini menjadi alternatif lahan untuk pertanian melati. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan teknik budidaya melati putih (Jasminum sambac L.) terhadap produktivitas di lahan tegalan dan pasir pantai, mengetahui pengaruh tanah, lahan dan iklim terhadap pertumbuhan tanaman melati, dan mengetahui kualitas bunga melati yang baik berkaitan dengan kebutuhan ekspor. Penelitian ini dilaksanakan dilahan pasir pantai yang terletak di Desa Kedungkelor, Kecamatan Warurejo dan lahan tegalan terletak di Desa Maribaya, Kecamatan Kramat daerah Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah beribukota Slawi. Metode penelitian ini menggunakan metode survai. Pengambilan data dilakukan dengan survai expost facto yaitu pengumpulan data dan informasi tentang kegiatan yang telah terjadi dan tetap berlangsung sampai sekarang. Daerah objek penelitian ditentukan secara purposive random sampling (sampling pertimbangan) sedangkan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis Uji T menggunakan angka signifikansi sebesar 0,01, dengan pertimbangan penggunaan angka tersebut didasarkan pada tingkat kepercayaan sebesar 99%. Variabel yang diamati yaitu aspek iklim mikro dan lahan, aspek teknik budidaya, produksi dan kualitas melati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Produktivitas melati wilayah tegalan Kecamatan Kramat lebih tinggi dibandingkan wilayah pasir pantai Kecamatan Warureja, kondisi ini dipengaruhi oleh teknik budidaya dan lahan yang digunakan. (2) Budidaya melati pada lahan tegalan dan pasir pantai di Kabupaten Tegal sesuai untuk dikembangkan karena tanaman melati dapat panen setiap hari dan mempunyai suatu mekanisme pertahanan diri terhadap salinitas. (3) Bunga melati di lahan tegalan dan pasir pantai Kabupaten Tegal memiliki kualitas yang baik dengan standar yang digunakan untuk pewangi teh dan pewangi parfum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A17020
Subjects: A > A128 Agricultural
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mr Rohmadi Rohmadi
Date Deposited: 26 Nov 2018 03:21
Last Modified: 09 Jan 2020 08:24
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/717

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year