Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Petani Lahan Kering untuk Berusahatani Cabai di Desa Kaliajir Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara

PANGESTIKA, Listiana Ayu (2017) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Petani Lahan Kering untuk Berusahatani Cabai di Desa Kaliajir Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak .pdf

Download (720kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)

Abstract

Lahan kering merupakan jenis lahan yang banyak dijumpai di Provinsi Jawa Tengah. Salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki areal lahan kering yang cukup luas adalah Kabupaten Banjarnegara. Kabupaten Banjarnegara memiliki potensi pertanian yang baik untuk pengembangan berbagai jenis komoditas pertanian, salah satunya adalah tanaman cabai. Desa Kaliajir merupakan salah satu desa di Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara yang membudidayakan cabai di lahan kering berupa tegalan. Keputusan serta kemampuan petani dalam mengusahakan tanaman cabai di lahan kering menjadi penting dalam keberhasilan dan keberlanjutan usahatani tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan petani untuk berusahatani cabai, 2) menganalisis tingkat kapabilitas petani dalam berusahatani cabai, 3) mengidentifikasi komponen pembentuk tingkat kapabilitas petani dalam berusahatani cabai. Penelitian dilaksanakan di Desa Kaliajir Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara pada bulan Desember 2015 sampai dengan Januari 2016. Rancangan pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling, sedangkan untuk menentukan besarnya sampel menggunakan rumus slovin. Jumlah responden sebanyak 63 petani, terdiri dari 52 orang petani yang berusahatani cabai dan 11 orang petani yang berusahatani jagung. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik dan analisis deskriptif dengan bantuan skala pengukuran likert’s summated rating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan petani untuk berusahatani cabai yaitu umur, pengalaman berusahatani, lingkungan sosial, dan lingkungan ekonomi. Tingkat kapabilitas petani dalam berusahatani cabai secara keseluruhan berada dalam kategori sedang. Komponen pembentuk kapabilitas petani antara lain kapabilitas petani aspek ekonomi dalam kategori sedang, aspek sosial dalam kategori tinggi, dan aspek teknis berusahatani dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A17024
Subjects: A > A128 Agricultural
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mr Rohmadi Rohmadi
Date Deposited: 26 Nov 2018 07:16
Last Modified: 10 Jan 2020 04:05
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/721

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year