PRATAMA, Abiyyu Widya (2020) Pengaruh Penggunaan Oculus Head Mounted Display (HMD) terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Anestesi serta Ekstraksi pada Mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-ABIYYU WIDYA PRATAMA-G1G014036-Skripsi-2021.pdf Download (173kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-ABIYYU WIDYA PRATAMA-G1G014036-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-ABIYYU WIDYA PRATAMA-G1G014036-Skripsi-2021.pdf Download (295kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-ABIYYU WIDYA PRATAMA-G1G014036-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
|
PDF (BABII)
BAB-II-ABIYYU WIDYA PRATAMA-G1G014036-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (918kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-ABIYYU WIDYA PRATAMA-G1G014036-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-ABIYYU WIDYA PRATAMA-G1G014036-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-ABIYYU WIDYA PRATAMA-G1G014036-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-ABIYYU WIDYA PRATAMA-G1G014036-Skripsi-2021.pdf Download (309kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-ABIYYU WIDYA PRATAMA-G1G014036-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (952kB) |
Abstract
Latar Belakang. Proses pembelajaran pada studi kedokteran gigi pada umumnya menggunakan metode pembelajaran tatap muka dan skills lab untuk mencapai pemenuhan aspek kognitif dan psikomotor. Virtual reality adalah teknologi yang dapat memperkuat aspek kognitif dan psikomotor pembelajaran klinis. Penelitian pendahuluan pada mahasiswa klinis Rumah Sakit Gigi & Mulut Purwokerto menunjukkan perlu adanya bahan ajar baru terlebih pada masa pandemi ini. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan virtual reality dan membandingkannya terhadap metode pembelajaran konvensional. Metode. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi experimental dengan rancangan pretest and post – test group design. Sampel penelitian merupakan mahasiswa kedokteran gigi Universitas Jenderal Soedirman jenjang sarjana yang didapatkan menggunakan metode Proportional Random Sampling sebanyak 16 responden. Mahasiswa dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok uji (metode virtual reality), kontrol positif (metode konvensional), dan kontrol negatif (tanpa perlakuan). Penentuan skor pengetahuan dan keterampilan mengenai anestesi dan ekstraksi diuji melalui pemberian soal kuesioner serta peragaan pada phantom. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji statistik One Way ANOVA, post hoc LSD, dan Regresi Linear untuk melihat signifikansi perbedaan serta Uji Kappa untuk menguji reliabilitas penguji. Hasil dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor yang signifikan pada pengetahuan dan keterampilan mahasiswa. Uji statistik ANOVA disertai post hoc menunjukkan perbedaan skor yang signifikan pada pembelajaran virtual reality dibandingkan metode konvensional dengan nilai signifikansi pengetahuan (0,005) dan keterampilan (0,001). Pembelajaran dengan metode virtual reality mempengaruhi skor pengetahuan dan keterampilan mengenai anestesi dan ekstraksi dibandingkan dengan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G20076 |
Uncontrolled Keywords: | Virtual Reality; Kognitif; Psikomotor; Teknologi; Komputer |
Subjects: | D > D99 Dentistry S > S774 Study and teaching V > V89 Virtual reality |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter Gigi |
Depositing User: | Mrs Abiyyu Widya Pratama |
Date Deposited: | 27 Jan 2021 04:59 |
Last Modified: | 27 Jan 2021 04:59 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7291 |
Actions (login required)
View Item |