Pengaruh Tiga Nilai Ec (Electrical Conductivity) Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Selada (Lactuca Sativa l.) Pada Hidroponik Rakit Apung (Floating Hydroponics System)

KURWANINGSIH, Nur Diana (2017) Pengaruh Tiga Nilai Ec (Electrical Conductivity) Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Selada (Lactuca Sativa l.) Pada Hidroponik Rakit Apung (Floating Hydroponics System). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAb I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (BabII)
BAb II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (BabIII)
BAb III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (BabIV)
BAb IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (BabV)
BAb V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sayuran merupakan bahan pangan yang banyak diminati oleh masyarakat karena memberi manfaat bagi tubuh terutama dalam mendukung kebutuhan vitamin. Salah satu sayuran yang banyak diminati oleh masyarakat yaitu selada karena selain bentuknya menarik, selada mengandung gizi yang cukup tinggi. Berdasarkan BPS (2015), terjadi peningkatan persentase konsumsi sayuran dari 3,78 % (2012) menjadi 4,43% (2013). Meningkatnya konsumsi sayuran disebabkan oleh meningkatnya jumlah penduduk setiap tahunnya. Jumlah penduduk yang meningkat setiap tahunnya mengakibatkan luas lahan produktif untuk pertanian menjadi berkurang karena pembangunan di luar sektor pertanian. Usaha alternatif untuk menjaga pasokan bahan pangan perlu dilakukan yaitu dengan memanfaatkan ruang terbuka untuk budidaya sayuran secara hidroponik. Hidroponik rakit apung merupakan teknologi budidaya pada air dengan menjaga ketersediaan unsur hara melalui pemberian nutrisi. Setiap jenis tanaman membutuhkan kepekatan larutan nutrisi yang berbeda untuk pertumbuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji pengaruh nilai EC (Electrical Conductivity) terhadap pertumbuhan dan hasil selada, (2) mengetahui kepekatan larutan nutrisi yang terbaik untuk pertumbuhan dan hasil selada pada Hidroponik Rakit Apung, (3) mengetahui varietas selada terbaik yang ditanam pada Hidroponik Rakit Apung. Penelitian dilaksanakan di screen house Pondok Pesantren Darussalam, Dukuhwaluh, Purwokerto. Penelitian dilaksanakan dari bulan November 2016 sampai Januari 2017. Percobaan ini menggunakan percobaan faktorial dengan dua faktor yang disusun dalam Rancangan Acak Kelompok. Faktor pertama yaitu nilai EC dengan tiga taraf yang terdiri dari 1,5; 2,5; 3,5 mS cm . Faktor kedua yaitu tiga varietas selada yang terdiri dari Chris Green, Ava Red, New Grand Rapid. Variabel yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, kandungan klorofil, panjang akar, volume akar, luas daun, berat segar tajuk, berat segar akar, berat segar tanaman, berat kering tajuk, berat kering akar, dan berat kering tanaman. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji F pada taraf kesalahan 5%. Apabila hasil uji berpengaruh maka dilakukan Uji Jarak Ganda Duncan (UJGD) pada taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) perlakuan nilai EC berpengaruh terhadap variabel tinggi tanaman, kandungan klorofil, panjang akar, berat kering akar, berat kering tajuk, dan berat kering tanaman. (2) Nilai EC 2,5 mS cm -1 memberikan pengaruh tertinggi pada pertumbuhan dan hasil tanaman selada. (3) Varietas Chris Green memberikan hasil terbaik pada semua variabel pengamatan kecuali variabel luas daun. (4) Perlakuan antara nilai EC dengan varietas tidak terjadi interaksi artinya semua varietas yang diuji memberikan tanggap yang sama pada semua perlakuan nilai EC. -1

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A17184
Uncontrolled Keywords: selada, Electrical Conductivity (EC), hidroponik rakit apung
Subjects: A > A128 Agricultural
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mr Rohmadi Rohmadi
Date Deposited: 29 Nov 2018 02:00
Last Modified: 16 Jan 2020 03:20
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/742

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year