AUFARI, Badzlina Istibakha (2021) Analisis Pengaruh Kendaraan Dominan Terlibat Kecelakaan pada Lalu lintas Campuran di Ruas Jalan Perkotaan Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Badzlina Istibakha Aufari-H1B015028-Skripsi-2021.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Badzlina Istibakha Aufari-H1B015028-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (941kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Badzlina Istibakha Aufari-H1B015028-Skripsi-2021.pdf Download (113kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Badzlina Istibakha Aufari-H1B015028-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Badzlina Istibakha Aufari-H1b015028-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Badzlina Istibakha Aufari-H1B015028-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Badzlina Istibakha Aufari-H1B015028-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Badzlina Istibakha Aufari-H1B015028-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Badzlina Istibakha Aufari-H1B015028-Skripsi-2021.pdf Download (111kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Badzlina Istibakha Aufari-H1B015028-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
Abstract
Selama tahun 2016, 2017 dan 2018 telah terjadi 1.628 kejadian kecelakaan di Kabupaten Purbalingga. Kejadian kecelakaan ini dapat disebabkan oleh faktor pengemudi/manusia, faktor kendaraan, dan juga faktor jalan. Selain tiga faktor yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat pula faktor lain yaitu faktor jam kejadian, jenis kelamin pengemudi/pengendara, lokasi kejadian dan juga faktor jenis kendaraan, hal ini menunjukkan adanya pengaruh komposisi lalu lintas yang melewati ruas jalan terhadap tingkat kecelakaan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kendaraan terlibat kecelakaan pada lalu lintas campuran di ruas jalan Kabupaten Purbalingga yaitu ruas Jl. Raya Bojongsari dan Jl. Soekarno – Hatta serta untuk melihat besar pengaruh setiap karakteristik lalu lintas yaitu kecepatan, kepadatan dan volume terhadap kejadian kecelakaan. Tahapan dari proses analisis ini menggunakan tiga model hubungan karakteristik lalu lintas yaitu Model Greenshield, Model Greenberg dan Model Underwood serta dengan Metode regresi logistik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa, sepeda motor adalah kendaraan yang paling banyak terlibat kecelakaan dengan persentase sebesar 62,35% . Sepeda motor juga berpengaruh menurunkan kecepatan kendaraan lain sebesar 0,7% pada ruas jalan Soekarno – Hatta dan 3,2% pada ruas Jalan Raya Bojongsari, meningkatkan 51,3% kepadatan dan 50,4% volume lalu lintas pada ruas Jalan Soekarno – Hatta dan meningkatkan kepadatan sebesar 36,5% dan volume lalu lintas sebesar 34,1% pada ruas Jl. Raya Bojongsari Selanjutnya, Model Greenberg adalah model yang paling sesuai dengan karakteristik ruas jalan yang diteliti. Selain itu, kecepatan merupakan variabel paling berpengaruh dalam terjadinya kecelakaan. Diperoleh juga model analisis yang dapat digunakan untuk menghitung peluang terjadinya kecelakaan dengan variabel kecepatan di ruas jalan yang diteliti, yaitu P = e (-8,951+ 0,185 x) / (1+e (-8,951 x) dengan nilai x yaitu besar nilai variabel kecepatan yang bias diperoleh dengan survei.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H21016 |
Uncontrolled Keywords: | Kendaraan, Kecelakaan,Lalu lintas, Ruas Jalan |
Subjects: | R > R67 Railroad accidents V > V35 Vehicles |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Mrs Badzlina Istibakha Aufari |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 03:59 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 03:59 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7696 |
Actions (login required)
View Item |