Perbedaan Metode Pendidikan Gizi Ceramah dan Drama terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri dalam Upaya Pencegahan Anemia (Studi Kasus di Puskesmas Kedungbanteng dan Puskesmas Kembaran)

PERMADI, Risa Meisandi Alfiah (2018) Perbedaan Metode Pendidikan Gizi Ceramah dan Drama terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri dalam Upaya Pencegahan Anemia (Studi Kasus di Puskesmas Kedungbanteng dan Puskesmas Kembaran). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-RISA MEISANDI-G1H014013-Skripsi-2018.pdf

Download (204kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-RISA MEISANDI-G1H014013-Skripsi-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-RISA MEISANDI-G1H014013-Skripsi-2018.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-RISA MEISANDI-G1H014013-Skripsi-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-RISA MEISANDI-G1H014013-Skripsi-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-RISA MEISANDI-G1H014013-Skripsi-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-RISA MEISANDI-G1H014013-Skripsi-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-RISA MEISANDI-G1H014013-Skripsi-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-RISA MEISANDI-G1H014013-Skripsi-2018.pdf

Download (209kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-RISA MEISANDI-G1H014013-Skripsi-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Remaja putri memiliki resiko sepuluh kali lebih besar daripada remaja putra untuk terkena anemia. Kurangnya pengetahuan dan sikap remaja putri merupakan faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya anemia. Penelitian sebelumnya menemukan 88% remaja putri di wilayah Kedungbanteng dan 56% remaja putri di wilayah Kembaran belum pernah mendapat informasi anemia. Berbagai penelitian sebelumnya, menunjukkan bahwa metode ceramah dan drama dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja tentang kesehatan. Tujuan: Menganalisis perbedaan pendidikan gizi metode ceramah dan drama terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang pencegahan anemia. Metodologi: Rancangan penelitian adalah quasi eksperimental dengan rancangan pre-post test group design. Penelitian dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Kedungbanteng yang diberikan ceramah dan drama dan Puskesmas Kembaran yang diberikan ceramah. Jumlah sampel 99 responden diambil dengan teknik purposive sampling. Uji statistik menggunakan Wilcoxon dan Mann-whitney. Hasil: Kelompok ceramah menunjukkan adanya perbedaan pengetahuan dan sikap (p=0,000;p=0,000), kelompok ceramah dan drama juga menunjukkan adanya perbedaan pengetahuan dan sikap (p=0,000;p=0,000). Tidak ada perbedaan pengetahuan dan sikap antara kedua kelompok sebelum diberikan intervensi (p=0,404;p=0,427). Ada perbedaan pengetahuan dan sikap antara kedua kelompok setelah diberikan intervensi (p=0,000p=0,032). Kesimpulan: Terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan dan sikap antara metode ceramah dengan metode ceramah dan drama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: G18230
Uncontrolled Keywords: ceramah, drama, pengetahuan, sikap, anemia
Subjects: I > I302 Iron in the body
N > N245 Nutrition
T > T78 Teenagers
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Gizi
Depositing User: Mrs Zahra Madani
Date Deposited: 11 Feb 2021 03:31
Last Modified: 11 Feb 2021 03:31
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7704

Actions (login required)

View Item View Item