Hubungan faktor sosial ekonomi dengan tingkat efisiensi usaha ternak itik petelur di Gapoktan Purwadiwangsa Kecamatan Margadana Kota Tegal

WINARTO, Edy (2017) Hubungan faktor sosial ekonomi dengan tingkat efisiensi usaha ternak itik petelur di Gapoktan Purwadiwangsa Kecamatan Margadana Kota Tegal. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Daftar Isi_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)

Abstract

Hubungan faktor sosial ekonomi dengan tingkat efisiensi usaha ternak itik petelur di Gapoktan Purwadiwangsa Kecamatan Margadana Kota Tegal. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 13 Januari 2017 sampai 3 Februari 2017. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kondisi faktor sosial ekonomi, besar pendapatan, tingkat efisiensi usaha, dan hubungan antara faktor sosial ekonomi dengan tingkat efisiensi usaha ternak itik petelur anggota Gapoktan Purwadiwangsa Kecamatan Margadana Kota Tegal. Metode penelitian yang digunakan adalah survei, dengan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 42 peternak. Variabel yang diteliti meliputi tingkat pendidikan, lama beternak, jumlah anggota keluarga, jumlah kepemilikan ternak dan curahan waktu kerja. Model analisis menggunakan perhitungan pendapatan, efisiensi, analisis timbal balik, dan korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan rata-rata peternak sbesar Rp. 6.662.729,00 per bulan dan tingkat efisiensi sebesar 1,4955. Faktor sosial memiliki korelasi dengan tingkat efisiensi usaha masing-masing pendidikan dengan kategori sedang, lama beternak dengan kategori sangat rendah, dan jumlah anggota keluarga dengan kategori rendah. Faktor ekonomi memiliki korelasi dengan tingkat efisiensi usaha masing-masing jumlah kepemilikan ternak dengan dengan kategori sedang dan curahan waktu kerja dengan kategori sangat rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: D17081
Uncontrolled Keywords: sosial ekonomi,efisiensi ,usaha ternak itik petelur
Subjects: D > D344 Ducks
Divisions: Fakultas Peternakan > S1 Peternakan
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 05 Dec 2018 03:21
Last Modified: 20 Dec 2021 08:55
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/776

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year