ESALIA, Rahma Ayu (2018) Kepuasan Pasien Hipertensi Terhadap Layanan Pengawas Minum Obat di Dua Fasilitas Kesehatan Primer Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Rahma Ayu Esalia-G1F014068-Skripsi-2018_1.pdf Download (298kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rahma Ayu Esalia-G1F014068-Skripsi-2018_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rahma Ayu Esalia-G1F014068-Skripsi-2018_1.pdf Download (272kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Rahma Ayu Esalia-G1F014068-Skripsi-2018_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Rahma Ayu Esalia-G1F014068-Skripsi-2018_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (814kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Rahma Ayu Esalia-G1F014068-Skripsi-2018_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (924kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Rahma Ayu Esalia-G1F014068-Skripsi-2018_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Rahma Ayu Esalia-G1F014068-Skripsi-2018_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rahma Ayu Esalia-G1F014068-Skripsi-2018_1.pdf Download (531kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rahma Ayu Esalia-G1F014068-Skripsi-2018_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang : Pengobatan hipertensi dikatakan berhasil jika tekanan darah terkontrol. Salah satu upaya meningkatkan kontrol tekanan darah pasien hipertensi adalah melakukan pengawasan minum obat. Layanan PMO dengan SMS adalah salah satu metode yang efisien dan terbukti meningkatkan kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien hipertensi terhadap layanan pengawas minum obat di dua fasilitas kesehatan primer kabupaten Banyumas. Metodologi : Penelitian ini adalah penelitian eksperimental one grup posttest design. Pasien dipilih menjadi sampel dengan metode purposive sampling sesuai kriteria inklusi. Intervensi yang diberikan berupa layanan pengingat dengan SMS harian dan telepon mingguan serta kunjungan kerumah. Diakhir penelitian dilakukan penilaian kepuasan menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh peneliti dan telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil data kepuasan pasien dianalisis secara deskriptif. Hasil Penelitian : Dari 29 pasien yang menjadi sampel, 86% pasien memiliki tingkat kepuasan tinggi terhadap layanan PMO dengan skor rata-rata 3,31 dan 14% memiliki tingkat kepuasan sedang terhadap layanan PMO dengan skor rata-rata 2,86. Skor rata-rata per domain yaitu 3,25 (tinggi) pada domain content, 3,24 (tinggi) pada domain teknis dan 3,23 (tinggi) pada domain benefit. Kesimpulan : Tingkat kepuasan pasien hipertensi terhadap layanan SMS pengingat Pengawas Minum Obat (PMO) di dua fasilitas kesehatan primer kabupaten Banyumas termasuk dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata kepuasan seluruh responden adalah 3, 24.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G18293 |
Uncontrolled Keywords: | Hipertensi, Pengawas Minum Obat, Kepuasan, Fasilitas Kesehatan Primer |
Subjects: | C > C647 Community health services H > H380 Hypertension |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi |
Depositing User: | Mrs Zahra Madani |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 03:48 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 03:48 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7936 |
Actions (login required)
View Item |