HERDIYANTI, Prameslia (2018) Pengaruh Pendidikan Gizi terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Peer Educator dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Sebaya mengenai Pencegahan Kejadian Anemia (Studi Penelitian di Wilayah Kerja Puskesmas I Kedungbanteng). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER_Skripsi_Prameslia Herdiyanti_G1H014014.pdf Download (325kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Skripsi_Prameslia Herdiyanti_G1H014014.pdf Restricted to Repository staff only Download (902kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Skripsi_Prameslia Herdiyanti_G1H014014.pdf Download (295kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I_Skripsi_Prameslia Herdiyanti_G1H014014.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II_Skripsi_Prameslia Herdiyanti_G1H014014.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III_Skripsi_Prameslia Herdiyanti_G1H014014.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV_Skripsi_Prameslia Herdiyanti_G1H014014.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V_Skripsi_Prameslia Herdiyanti_G1H014014.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Skripsi_Prameslia Herdiyanti_G1H014014.pdf Download (310kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Skripsi_Prameslia Herdiyanti_G1H014014.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Remaja adalah masa pertumbuhan yang membutuhkan zat gizi yang lebih tinggi seperti zat besi. Faktor yang dapat mempengaruhi kejadian anemia adalah pengetahuan dan sikap remaja. Hasil penelitian sebelumnya menunjukan bahwa rata-rata tingkat pengetahuan, sikap dan pencegahan anemia gizi pada remaja putri di wilayah kerja Puskesmas I Kedungbanteng masih rendah. Pendidikan Gizi yang sudah mulai sering digunakan adalah pendidikan sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan gizi terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap peer educator dalam upaya pengembangan pendidikan sebaya mengenai pencegahan kejadian anemia. Metodologi: Metode penelitian adalah quasi eksperimental dengan rancangan pretest and posttest design. Penelitian dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Kedungbanteng. Teknik sampling yang digunakan total sampling yaitu 49 remaja di wilayah kerja Puskesmas I Kedungbanteng. diambil dengan teknik total sampling. Hasil uji statistik menggunakan uji paired sample t test. Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan pengetahuan dan sikap peer educator setelah diberikan pendidikan gizi (p= 0,000; p= 0,000) Kesimpulan: Terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap peer educator setelah diberikan pendidikan gizi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G18325 |
Uncontrolled Keywords: | Nutrition education, peer educator, knowledge, attitude, anemia |
Subjects: | H > H53 Health education I > I302 Iron in the body T > T78 Teenagers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Gizi |
Depositing User: | Users 1041 not found. |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 03:50 |
Last Modified: | 17 Feb 2021 03:50 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/8052 |
Actions (login required)
View Item |