Faktor-faktor yang mempengaruhi Permintaan Bunga Potong Krisan pada Asosiasi Tanaman Hias, Bunga dan Daun (Astha Bunda) di Yogyakarta

JIHAN, Cut Shahnaz (2017) Faktor-faktor yang mempengaruhi Permintaan Bunga Potong Krisan pada Asosiasi Tanaman Hias, Bunga dan Daun (Astha Bunda) di Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)

Abstract

Bunga krisan merupakan salah satu komoditas tanaman hias yang memiliki prospek usaha agribisnis yang baik untuk dikembangkan. Salah satu lokasi yang berpotensi baik dalam memproduksi bunga krisan yaitu di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Produktivitas bunga krisan di Kabupaten Sleman mencapai 38,35% per tahun nya. Asosiasi Tanaman Hias, Bunga dan Daun (ASTHA BUNDA) adalah salah satu produsen dan supplier terbesar untuk memenuhi kebutuhan bunga potong krisan di Yogyakarta. Tingginya produktivitas bunga potong krisan di daerah tersebut berbanding terbalik dengan volume penjualan yang terjadi di ASTHA BUNDA yang cenderung menurun. Perlu dilakukan analisis mengenai faktor apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli bunga potong krisan di ASTHA BUNDA. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui karakteristik konsumen bunga potong krisan di ASTHA BUNDA, 2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan bunga potong krisan di ASTHA BUNDA dan 3) mengetahui elastisitas permintaan bunga potong krisan di ASTHA BUNDA. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey. Pengambilan sampel menggunakan judgmental sampling dan diperoleh responden sebanyak 41 konsumen yang terdiri dari 21 dekorator dan 20 florist. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda dan elastisitas permintaan. Sedangkan untuk mengetahui penyimpangan asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas. Dalam analisis penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi Eviews7. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) karakteristik konsumen bunga potong krisan di ASTHA BUNDA adalah konsumen sebagian besar berprofesi sebagai dekorator, sebagian besar berjenis kelamin laki-laki, berusia antara 34 sampai dengan 42 tahun. Mayoritas konsumen berpendidikan akhir tamat SMA, memiliki pengalaman usaha selama 2 sampai dengan 11 tahun di bidang dekorator dan florist. Konsumen melakukan pembelian dengan frekuensi antara 8 sampai dengan 12 kali selama bulan November 2016 dengan tarif kirim Rp10.000,00, 2) variabel yang berpengaruh terhadap permintaan bunga potong krisan di ASTHA BUNDA adalah variabelharga bunga potong krisan, harga bunga potong mawar, frekuensi pembelian, dan trend permintaan, 3) elastisitas harga bunga potong krisan bersifat elastis dan bunga potong mawar termasuk barang subtitusi dari bunga potong krisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A17212
Subjects: A > A128 Agricultural
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mr Rohmadi Rohmadi
Date Deposited: 13 Dec 2018 08:59
Last Modified: 20 Jan 2020 08:02
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/867

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year