OCTAVIANI, Eka Latifah (2018) The Use of Garfield Comic Strips in Composing Descriptive Paragraph (an Explorative Study on 7f Students of SMP Negeri 9 Purwokerto Academic Year 2016/2017). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER_Eka Latifah O_F1F012033.pdf Download (395kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Eka Latifah O_F1F012033.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Eka Latifah O_F1F012033.pdf Download (417kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I_Eka Latifah O_F1F012033.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II_Eka Latifah O_F1F012033.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III_Eka Latifah O_F1F012033.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV_Eka Latifah O_F1F012033.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V_Eka Latifah O_F1F012033.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Eka Latifah O_F1F012033.pdf Download (412kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Eka Latifah O_F1F012033.pdf Restricted to Repository staff only Download (848kB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul “The Use of Garfield Comic Strips in Composing Descriptive Paragraph (An Explorative Study on 7F Students of SMP Negeri 9 Purwokerto Academic Year 2016/2017)”. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menemukan masalah yang dihadapi siswa dalam menulis teks Bahasa Inggris. (2) Untuk mengetahui penggunaan potongan komik dalam penyusunan paragraf deskriptif. Dan (3) Untuk mengetahui masalah dalam pembelajaran menggunakan potongan komik. Penelitian ini merupakan penelitian eksplorasi kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dengan guru dan siswa, tes, pengamatan, dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Masalah yang dihadapi siswa dalam menulis teks Bahasa Inggris adalah kesalahan struktur kalimat, minimnya penguasaan kosa kata, kesulitan mengembangkan ide, kesulitan dalam menuliskan kata dengan ejaan yang tepat dan tanda baca. (2) Penggunaan potongan komik dalam menulis teks deskriptif adalah: Pertama, guru menjelaskan kembali tentang materi teks deskripsi. Kedua, guru menunjukan potongan komik kepada siswa lalu bertanya beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan deskripsi objek. Ketiga, guru menulis jawaban siswa di papan tulis. Terakhir, guru memerintahkan siswa untuk menulis paragraf deskriptif berdasarkan potongan komik yang tersedia. (3) Masalah yang dihadapi dalam pembelajaran menggunakan potongan komik: Siswa hanya tertarik pada gambar yang ada dalam potongan komik tetapi tidak dalam kegiatan menulis; Siswa tetap menemui kesulitan yang sama dalam menulis paragraf deskriptif seperti saat observasi pertama setelah penerapan potongan komik. Pada kesimpulannya, penggunaan potongan komik Garfield tidak dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah dalam struktur kalimat, kosa kata dan tanda baca tetapi potongan komik dapat membantu siswa dalam mengembangkan ide.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F18167 |
Uncontrolled Keywords: | Comic Strips, Garfield, Descriptive Paragraph |
Subjects: | F > F130 Fiction History and criticism L > L264 Literature |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Mrs Zahra Madani |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 02:47 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 02:47 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/8746 |
Actions (login required)
View Item |