WIYOKO, Hanan (2021) Strategi Penguatan Literasi Digital Bagi Ibu Rumah Tangga Pedesaan (Action Research Bagi Anggota PKK Desa Kalibagor, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Hanan Wiyoko-F2C017015-Tesis-2021.pdf Download (247kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Hanan Wiyoko-F2C017015-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Hanan Wiyoko-F2C017015-Tesis-2021.pdf Download (251kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Hanan Wiyoko-F2C017015-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Hanan Wiyoko-F2C017015-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Hanan Wiyoko-F2C017015-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Hanan Wiyoko-F2C017015-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (889kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Hanan Wiyoko-F2C017015-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Hanan Wiyoko-F2C017015-Tesis-2021.pdf Download (474kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Hanan Wiyoko-F2C017015-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (980kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penguatan literasi digital bagi ibu rumah tangga perempuan pedesaan. Penelitian dilakukan di Desa Kalibagor, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas dengan menyasar 10 perempuan desa. Penentuan responden dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan action research. Metode pengumpulan data dilakukan dengan diskusi kelompok terarah (focus group discussion / FGD), wawancara terstruktur, pengamatan, dan studi pustaka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Media Literacy dari W. James Potter (2014) yang mengacu tiga pilar literasi media individu, yakni aspek skills, knowledge structure, dan personal locus. Hasil penelitian dilakukan pengelompokan tingkat literasi digital para responden, yakni level literasi tinggi, level sedang, dan level rendah. Untuk meningkatkan literasi digital dilakukan dengan menyesuaikan strategi dengan level tingkat literasi digital. Untuk meningkatkan literasi digital pada kelompok level tinggi, strategi yang dipilih adalah menguatkan knowledge structure dengan strategi pembentukan komunitas dan pendampingan berkelanjutan. Untuk literasi digital pada level menengah dilakukan penguatan skills dan knowledge structure dengan strategi pemberian materi dan pembentukan komunitas serta pendampingan berkelanjutan. Terakhir, untuk meningkatkan literasi digital ibu pada level rendah dilakukan penguatan pada pilar skills, knowledge structure, dan personal locus. Strategi penguatan yang dilakukan adalah penyampaian ceramah, melakukan simulasi atau praktek dasar berinternet, dan pembentukan komunitas untuk pendampingan berkelanjutan. Kata kunci : Literasi digital, keterampilan, struktur pengetahuann, lokus personal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P21042 |
Uncontrolled Keywords: | Literasi digital, keterampilan, struktur pengetahuan, lokus personal. |
Subjects: | D > D174 Digital electronics L > L257 Literacy S > S732 Strategic planning |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mr Hanan Wiyoko |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 01:20 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 01:20 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/8820 |
Actions (login required)
View Item |