RHAMANDHIKA, Galang (2021) Strategi Pemenangan Maskun Fuady Dalam Pemilihan Kepala Desa Kutasari Tahun 2019. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Galang Rhamandhika-F1D013048-Skripsi-2021.pdf.pdf Download (116kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Galang Rhamandhika-F1D013048-Skripsi-2021.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAKSI-Galang Rhamandhika-F1D013048-Skripsi-2021.pdf.pdf Download (169kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Galang Rhamandhika-F1D013048-Skripsi-2021.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Galang Rhamandhika-F1D013048-Skripsi-2021.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Galang Rhamandhika-F1D013048-Skripsi-2021.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Galang Rhamandhika-F1D013048-Skripsi-2021.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Galang Rhamandhika-F1D013048-Skripsi-2021.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Galang Rhamandhika-F1D013048-Skripsi-2021.pdf.pdf Download (152kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Galang Rhamandhika-F1D013048-Skripsi-2021.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
Abstract
Artikel hasil penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan Strategi Pemenangan Maskun Fuady dalam Pemilihan Kepala Desa Kutasari Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus dalam bingkai prespektif strukturalis dan paradigma konstruktivisme. Hasil dari penelitian ini adalah Maskun Fuady melakukan berbagai strategi pemenangan yang berhasil memperoleh kedudukan sebagai kepala Desa Kutasari. Strategi pemenangan yang dilakukan Maskun mulai dengan melakukan penerapan tiga tahapan dalam marketing politik yakni, segmentasi yaitu dengan menjadikan pemilih rasional dan pemilih tradisional sebagai segmen utamanya karena sesuai dengan karakteristik masyarakat Desa Kutasari. Kemudian, tahapan berikutnya yaitu sasaran, dimana Maskun menjadikan kelompok usia produktif, kelompok pemberdayaan dan pemilih rasional yang menjadi sasaran utamanya, karena dianggap dapat memberi pengaruh terhadap masyarakat Kutasari lainnya dalam memberikan dukungan terhadap Maskun, terutama terkait masyarakat pemilih pragmatis yang dinggap menarik untuk dapat merubah pola pikir kelompok tersebut menjadi kelompok rasional. Lalu yang terakhir adalah positioning politik yakni Maskun membangun image atau citra politik sebagai pelayan masyarakat dan merupakan calon kepala desa dari kalangan masyarakat kelas bawah serta membangun citra sebagai sosok yang merangkul dan membaur dengan masyarakat. Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksaan strategi pemenangan tersebut. Fartor pendukungnya yaitu aktif dalam kegiatan desa, pemberdayaan desa, atau pemerintahan desa. Selain itu harus merakyat untuk bisa berbaur dengan masyarakat banyak. Sedangkan faktor penghambatnya iyalah minimnya dana kampanye.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F21093 |
Uncontrolled Keywords: | Pilkades, Strategi Pemenangan, Marketing Politik |
Subjects: | M > M80 Marketing P > P402 Politics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik |
Depositing User: | Mr Galang Rhamandhika |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 03:01 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 03:01 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/8824 |
Actions (login required)
View Item |