Tindak pidana pencurian dengan kekerasan dalam keadaan memberatkan yang mengakibatkan matinya orang (Studi Putusan Nomor 3/Pid.B/2016/PN.Bnr)

RAHAYU, Sri (2017) Tindak pidana pencurian dengan kekerasan dalam keadaan memberatkan yang mengakibatkan matinya orang (Studi Putusan Nomor 3/Pid.B/2016/PN.Bnr). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
abstrak_1.pdf

Download (39kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img]
Preview
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar pustaka_1.pdf

Download (48kB) | Preview

Abstract

Tindak pidana pencurian merupakan tindak pidana yang paling sering terjadi dimasyarakat. Tidak jarang pelaku pencurian melakukan kekerasan pada korban hanya untuk memudahkan pelaku dalam melancarkan aksi pencurian. Sanksi pidana terhadap pelaku pencurian dengan kekerasan pun lebih berat dari pencurian biasa, hal itu dikarenakan pencurian dengan kekerasan menimbulkan akibat bagi nyawa korban, baik luka-luka hingga kematian pada korban. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur yang terbukti dalam tindak pidana pencurian dalam putusan Nomor 3/Pid.B/2016/PN BNR dan untuk mengetahui dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana dalam putusan Nomor 3/Pid.B/2016/PN BNR. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian yuridis normatif, dengan spesifikasi penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa putusan Pengadilan Negeri Banjarnegara Nomor 3/Pid.B/2016/PN.BNR, undang-undang, dan buku literatur yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Data yang diperoleh disajikan secara sistematis dan terperinci, serta analisis data dilakukan secara normatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan unsur Pasal 365 ayat (1), ayat (2) ke-2 dan ayat (3) KUHP sebagai tindak pidana pencurian dengan kekerasan dalam keadaan memberatkan yang mengakibatkan matinya orang telah terpenuhi karena unsur-unsur dalam pasal tersebut telah terbukti. Dasar pertimbangan hukum hakim dalam menjatuhkan putusan pidana pada perkara Nomor 3/Pid.B/2016/PN BNR adalah mendasarkan pada Pasal 84 KUHAP dan Pasal 50 Undang-Undang No.48 Tahun 2009 yaitu berupa dasar mengadili, dasar memutus, pembuktian berdasarkan alat-alat bukti sebagaimana diatur dalam Pasal 184 KUHAP, keadaan yang memberatkan dan meringankan terdakwa. Majelis Hakim juga telah mempertimbangkan tentang syaratsyarat pemidanaan, dan pertimbangan sosiologis. Dengan demikian dalam perkara ini para terdakwa dapat dipertanggungjawabkan menurut hukum pidana, atas perbuatannya dapat dikenakan sanksi pidana karena melanggar hukum, sehingga para terdakwa harus dinyatakan secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana didakwakan oleh Penuntut Umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E17151
Uncontrolled Keywords: Tindak Pidana Pencurian, Pencurian dengan Kekerasan
Subjects: C > C944 Crime
T > T174 Theft
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 09 Oct 2018 03:40
Last Modified: 01 Sep 2020 06:10
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/89

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year