WINANTI, Winanti (2021) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Sense of Humor Guru, Lingkungan Keluarga, dan Kesiapan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Winanti-C1L016041-Skripsi-2021.pdf Download (573kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Winanti-C1L016041-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Winanti-C1L016041-Skripsi-2021.pdf Download (523kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Winanti-C1L016041-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Winanti-C1L016041-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Winanti-C1L016041-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Winanti-C1L016041-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Winanti-C1L016041-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Winanti-C1L016041-Skripsi-2021.pdf Download (504kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Winanti-C1L016041-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (896kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Baturraden yang memperoleh mata pelelajaran ekonomi. Penelitian ini mengambil judul: “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Sense of Humor Guru, Lingkungan Keluarga, dan Kesiapan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi.” Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi siswa tentang sense of humor guru, lingkungan keluarga, dan kesiapan belajar terhadap motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1-5 dan XI MIPA 4-5 SMA Negeri 1 Baturraden . Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 50 responden diperoleh melalui teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = 1,202 + 0,231X1 + 0,206X2 + 0,345X3. Uji F diperoleh Fhitung = 32,265, sehingga variabel persepsi siswa tentang sense of humor guru, lingkungan keluarga, dan kesiapan belajar secara bersama-sama dapat menjelaskan perubahan pada variabel motivasi belajar, dengan begitu model penelitian dapat dikatakan cocok atau fit. Secara parsial (uji t) variabel persepsi siswa tentang sense of humor guru (X1) diperoleh thitung = 2,708, sehingga H1 diterima. Variabel lingkungan keluarga (X2) diperoleh thitung = 2,302, sehingga H2 diterima. Variabel kesiapan belajar (X3) diperoleh thitung = 3,614, sehingga H3 diterima. Secara simultan (R2)persepsi siswa tentang sense of humor guru, lingkungan keluarga, dan kesiapan belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 65,7%. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa, menyelipkan humor dapat dilakukan oleh pendidik agar suasana kelas menjadi lebih menyenangkan. Bagi orang tua peserta didik diharapkan lebih memperhatikan pendidikan anaknya dan memberikan dorongan ataupun motivasi kepada anak supaya bersemangat belajar baik secara materiil maupun non materiil. Untuk peserta didik diharapkan lebih mempersiapkan fisik dan mental untuk memulai pembelajaran serta menyiapkan kebutuhan-kebutuhan belajar dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C21050 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Siswa tentang Sense of Humor Guru, Lingkungan Keluarga, Kesiapan, Motivasi Belajar |
Subjects: | A > A31 Achievement motivation E > E49 Economics S > S774 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Winanti Winanti |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 07:58 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 07:58 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/8905 |
Actions (login required)
View Item |