LUBIS, Firmansyah Mansu (2018) Geologi dan Analisis Daya Dukung Tanah Terhadap Pembangunan Jalan Tol Pemalang Batang Seksi 4 (Main Road) Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (163kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (265kB) |
|
PDF (BabI)
BabI_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
|
PDF (BabII)
BabII_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BabIII_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) |
|
PDF (BabIV)
BabIV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BabV)
BabV_1.pdf Download (270kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf Download (256kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Pada saat ini bidang ilmu geologi memiliki peranan yang sangat penting dikalangan masyarakat, khususnya informasi mengenai kondisi geologi yang berkembang dan bekerja di daerah tersebut. Penyelidikan geologi teknik bertujuan untuk mengetahui kondisi geologi secara umum berdasarkan satuan tanah dan batuan baik di permukaan ataupun di bawah permukaan. Tanah memiliki sifat fisik dan sifat mekanis. Sifat - sifat fisik tanah meliputi ukuran butir tanah, warna, bentuk butiran, dan kekerasan tanah. Sedangkan sifat - sifat mekanis tanah meliputi sifat kohesi, plastisitas dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pada suatu proses pembangunan jalan tol sangat diperlukan untuk melakukan penyelidikan geologi teknik berupa analisis daya dukung tanah yang nantinya di korelasikan dengan data pemetaan geologi di lokasi pembangunan, sehingga dapat terinterpretasikan kondisi permukaan dan bawah permukaaanya. Metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu pemetaan geologi dan analisis daya dukung tanah terhadap beban pondasi diatasnya. Pada pemetaan geologi didapatkan pada daerah penelitian terdapat 2 (dua) satuan batuan, yaitu Satuan Breksi dan Satuan Aluvial. Pola kelurusan pada daerah penelitian dominan memiliki arah NW - SE. Berdasarkan hasil analisis petrografis menunjukan matriks berupa feldspatic wacke dan fragmen berupa basalt. Metode dalam analisis daya dukung tanah yang digunakan adalah Metode Terzaghi berdasarkan data laboratorium masing - masing titik bor dan Metode Herminier berdasarkan data hasil uji tes sondir. Dalam penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat 3 (tiga) wilayah penelitian yang memiliki sifat fisik dan mekanis tanah yang berbeda. Pada bagian barat daerah penelitian cenderung terdiri atas tanah yang lunak karena mengandung lempung lunak cukup tinggi. Pada bagian tengah daerah penelitian cenderung hampir sama dengan wilayah bagian barat. Sedangkan pada wilayah bagian timur daerah penelitian cenderung memilik sifat yang lebih baik dibandingkan dengan wilayah bagian barat dan tengah. Setelah analisis dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa metode penanganan tanah yang tepat yaitu metode PVD (Prefabricated Vertical Drains) dan PHD (Prefabricated Horizontal Drains).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H18090 |
Uncontrolled Keywords: | Breksi, Aluvial, daya dukung tanah, PVD dan PHD |
Subjects: | G > G77 Geology S > S476 Soil mechanics |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Geologi |
Depositing User: | Mrs Endang Kasworini |
Date Deposited: | 05 May 2021 07:08 |
Last Modified: | 05 May 2021 07:08 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/9201 |
Actions (login required)
View Item |