AYSI, Siti Aenandari Hadatul (2021) Efektivitas Pembelajaran Technopreneurship dengan Model Cooperative Learning untuk Meningkatkan Intensi Berwirausaha Siswa di SMK Ma'arif NU Paguyangan. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-SITI AENANDARI H.A-C1L017026-SKRIPSI-FEB-2021.pdf Download (437kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-SITI AENANDARI H.A-C1L017026-SKRIPSI-FEB-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-SITI AENANDARI H.A-C1L017026-SKRIPSI-FEB-2021.pdf Download (451kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-SITI AENANDARI H.A-C1L017026-SKRIPSI-FEB-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-SITI AENANDARI H.A-C1L017026-SKRIPSI-FEB-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-SITI AENANDARI H.A-C1L017026-SKRIPSI-FEB-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-SITI AENANDARI H.A-C1L017026-SKRIPSI-FEB-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-SITI AENANDARI H.A-C1L017026-SKRIPSI-FEB-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAPUS-SITI AENANDARI H.A-C1L017026-SKRIPSI-FEB-2021.pdf Download (446kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-SITI AENANDARI H.A-C1L017026-SKRIPSI-FEB-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Jenjang pendidikan SMK masih menduduki posisi tertinggi sebagai penyumbang pengangguran terbuka di Indonesia seperti yang terjadi pada SMK Ma’arif NU Paguyangan. Rata-rata daya serap tenaga kerja dari partner sekolah setiap tahunnya hanya 10%-15% dari jumlah lulusan. Pendidikan kewirausahaan sebagai solusi permasalahan tersebut dan sebagai sarana peningkatan minat atau intensi berwirausaha siswa nyatanya belum terealisasi dengan baik, karena intensi berwirausaha siswa masih tergolong rendah. Seharusnya sekolah dapat mensinergikan pembelajaran dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membentuk siswa yang mampu memiliki kemampuan serta hasrat berwirausaha yang tinggi. Penelitian ini membahas tentang efektivitas pembelajaran technopreneurship dengan model cooperative learning untuk meningkatkan intensi berwirausaha siswa di SMK Ma’arif NU paguyangan dengan tujuan (1) Untuk mengetahui perbedaan intensi berwirausaha siswa SMK Ma’arif NU Paguyangan antara yang memperoleh pembelajaran technopreneurship dengan model cooperative learning dan pembelajaran entrepreneurship dengan model conventional learning. (2) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran technopreneurship dengan model cooperative learning dalam meningkatkan intensi berwirausaha siswa SMK Ma’arif NU Paguyangan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretestposttest non equivalent group design. Populasi yang menjadi objek penelitian adalah siswa SMK Ma’arif NU Paguyangan Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) tahun pelajaran 2020/2021. Sampel dipilih menggunakan teknik probabilitas jenis cluster random sampling yaitu berjumlah 61 siswa yang terbagi kedalam kelas kontrol (XI AKL 2) dan kelas eksperiemen (XI AKL 1). Instrumen penelitian yaitu menggunakan kuesioner pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial, dan uji efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan uji paired sample t-test dan efisiensi relatif menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan intensi berwirausaha siswa SMK Ma’arif NU Paguyangan yang memperoleh pembelajaran technopreneurship dengan model cooperative learning dan pembelajaran entrepreneurship dengan model conventional learning dimana nilai t-hitung lebih kecil dari nilai Sig. yaitu 0,000 < 0,05. (2) Pembelajaran technopreneurship dengan model cooperative learning efektif terhadap peningkatan intensi berwirausaha siswa SMK Ma’arif NU Paguyangan dimana R < 1 yaitu 0,133 < 1. x Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu dalam upaya meningkatkan intensi berwirausaha siswa, pihak sekolah dapat melakukan evaluasi pembelajaran terkait pembelajaran kewirausahaan dan hasil evaluasi tersebut dapat dijadikan acuan untuk memperbaiki sistem pembelajaran kewirausahaan agar sesuai dengan era perkembangan teknologi seperti sekarang ini. Salah satu upaya memperbaiki sistem pembelajaran dapat dilakukan dengan cara sekolah menerapkan pembelajaran kewirausahaan berbasis teknologi atau pembelajaran technopreneurship. Bagi guru, diharapkan mampu menguasai materi tentang technopreneurship dan beberapa model pembelajaran sehingga dapat disesuaikan dengan keadaan pembelajaran. Hal tersebut dilakukan agar pembelajaran kewirausahaan tidak monoton serta dapat lebih efektif untuk meningkatkan intensi berwirausaha siswa. Bagi siswa, diharapkan mampu mengoptimalkan perannya di dalam proses pembelajaran seperti aktif menyampaikan pendapat, bertanya, dan memberikan saran. Siswa juga diharapkan mampu menerapkan ilmu pembelajaran tentang technopreneurship sehingga siswa dapat meningkatkan intensinya dalam berwirausaha yaitu dengan cara siswa sejak dini mulai merencanakan atau membuka usaha dengan memanfaatkan perkembangan teknologi seperti memasarkan produk secara online. Bagi penulis selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan kembali pembelajaran technopreneurship baik dengan menggunakan model cooperative learning maupun model pembelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C21149 |
Uncontrolled Keywords: | Technopreneurship, Cooperative Learning, Intensi Berwirausaha |
Subjects: | E > E355 Entrepreneurs E > E75 Educational evaluation S > S774 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs SITI AENANDARI HADATUL AYSI |
Date Deposited: | 03 May 2021 03:19 |
Last Modified: | 03 May 2021 03:19 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/9495 |
Actions (login required)
View Item |