Kekuatan pembuktian keterangan saksi dalam permohonan perubahan jenis kelamin (Tinjauan Yuridis Penetapan Nomor 39/Pdt.P/2015/PN.Kln)

MISTO, Misto (2017) Kekuatan pembuktian keterangan saksi dalam permohonan perubahan jenis kelamin (Tinjauan Yuridis Penetapan Nomor 39/Pdt.P/2015/PN.Kln). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal tugas akhir_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Dafarpustaka)
Daftar pustaka_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)

Abstract

Konvesional Transeksualitas atau transgender menurut diagnosis dokter adalah suatu bentuk Gender Dhysporia (kebingungan gender). Gender Dhysporia adalah sebuah term general bagi mereka yang mengalami kebingungan atau ketidaknyamanan tentang gender kelahiran mereka maupun pada saat pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk penyelesaian masalah tersebut hukum memberikan kemungkinan untuk menyesuaikan dengan kondisi sesungguhnya dengan cara mengajukan permohonan ke pengadilan untuk ditetapkan perubahan status hukumnya. Seperti halnya Sally Novi Marcelina memiliki dua jenis kelamin, saat dilahirkan memiliki alat kelamin perempuan, tetapi dalam pertumbuhannya muncul dan tumbuh alat kelamin laki-laki serta memiliki ciri-ciri fisik dan psikologis sifat kecenderungannya lebih ke laki-lakian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terhadap kekuatan pembuktian keterangan saksi dalam permohonan perubahan jenis kelamin dan Bagaimana akibat hukum dari dikabulkannya perubahan jenis kelamin yang dilakukan oleh Sally Novi Marcelina pada Penetapan Nomor 39/Pdt.P/2015/PN.Kln. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Yuridis Normatif yang bersifat Deskriptif, bahan hukum yang digunakan adalah sekunderyang diperoleh dari bahan pustaka dan dalam analisa data menggunakan metode normatif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa keterangan saksi-saksi oleh hakim dinilai mempunyai kekuatan pembuktian karna bersesuaian satu dengan yang lain dan dijadikan dasar untuk mengabulkan permohonan, Akibatnya pemohon mengganti nama dan statusnya pada biodata kependudukan di Lembaga Pencatatan sipil

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E17154
Uncontrolled Keywords: Kekuatan Alat Bukti Saksi, Akibat Hukum
Subjects: S > S36 Samesex marriage Separation Law Teenage marriage Weddings
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 09 Oct 2018 04:47
Last Modified: 26 Jun 2020 06:16
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item View Item