Analisis Pengaruh Jumlah Wisatawan Asing, Nilai Tukar Rupiah atas Dolar Amerika, dan Foreign Direct Investment Sub Sektor Pariwisata terhadap Penerimaan Devisa Sub Sektor Pariwisata di Indonesia (2000 – 2014)

NINGTYAS, Sarah (2017) Analisis Pengaruh Jumlah Wisatawan Asing, Nilai Tukar Rupiah atas Dolar Amerika, dan Foreign Direct Investment Sub Sektor Pariwisata terhadap Penerimaan Devisa Sub Sektor Pariwisata di Indonesia (2000 – 2014). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab.I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] PDF (BabII)
Bab.II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab.III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab.IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] PDF (BabV)
Bab.V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar pustaka_1.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Jumlah Wisatawan Asing, Nilai Tukar Rupiah atas Dollar Amerika, dan Foreign Direct Investment Sub Sektor Pariwisata Terhadap Penerimaan Devisa Sub Sektor Pariwisata di Indonesia (2000-2014)”. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh secara sebagian maupun secara bersama-sama variabel jumlah wisatawan asing, nilai tukar rupiah atas dollar Amerika, foreign direct investment sub sektor pariwisata terhadap Penerimaan Sub Sektor Pariwisata di Indonesia, untuk menganalisis variabel yang paling memengaruhi Penerimaan Devisa Sub Sektor Pariwisata di Indonesia pada periode penelitian, dan menganalisis trend penerimaan devisa sub sektor pariwisata di Indonesia di masa mendatang. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data time series dengan periode pengamatan tahun 2000-2014. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif model dinamik dengan metode Autoregressive Distributed Lag (ADL), analisis elastisitas, dan analisis trend. Hasil penelitian ini menunjukkan secara sebagian jumlah wisatawan asing berpengaruh signifikan terhadap penerimaan devisa sub sektor pariwisata Indonesia pada saat ada tenggang waktu satu tahun sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap dollar amerika tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap penerimaan devisa sub sektor pariwisata Indonesia pada saat ada tenggang waktu satu tahun sebelumnya, FDI sub sektor pariwisata memiliki pengaruh signifikan terhadap penerimaan devisa sub sektor pariwisata pada saat ada tenggang waktu satu tahun sebelumnya. Secara bersama-sama variabel jumlah wisatawan asing, nilai tukar rupiah atas dollar Amerika, dan FDI Sub sektor pariwisata memiliki pengaruh signifikan terhadap penerimaan devisa sub sektor pariwisata di Indonesia. Variabel yang paling berpengaruh terhadap penerimaan devisa sub sektor pariwisata di Indonesia adalah jumlah wisatawan asing. Penerimaan devisa Sub sektor pariwisata di Indonesia pada masa mendatang adalah positif atau meningkat. Implikasi untuk penelitian ini yaitu dibutuhkannya perencanaan yang matang dan menyeluruh oleh pihak pemerintah sehingga dapat diperoleh manfaat optimal bagi masyarakat luas, baik dari segi ekonomi, sosial, dan budaya. Perencanaan tersebut harus mengintegrasi pengembangan pariwisata ke dalam suatu program pembangunan ekonomi, fisik, dan sosial yang terdapat indikator mengenai wisatawan asing, nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika dan foreign direct investment sub sektor pariwisata di Indonesia. Selanjutnya dari rencana tersebut harus mampu memberikan kerangka kebijakan pemerintah untuk mendorong pengembangan pariwisata sehingga pada akhirnya berpengaruh kepada peningkatan penerimaan devisa ke sub sektor pariwisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C17040
Uncontrolled Keywords: Wisatawan Asing, Nilai Tukar, Investasi Asing Langsung, Devisa, Pariwisata.
Subjects: F > F301 Foreign exchange
I > I291 Investments
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 04 Mar 2019 07:49
Last Modified: 21 Nov 2019 08:44
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/967

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year