UNDIYATI, Muninggar Woro (2021) Responsivitas Manajemen Pariwisata Baturraden Dalam Menghadapi Dampak Covid-19. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. COVER-F2A017007-MUNINGGAR WORO UNDIYATI-TESIS-2021.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
10. LEGALITAS-MUNINGGAR WORO UNDIYATI-F2A017007-TESIS-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (927kB) |
|
PDF (Abstrak)
2. ABSTRAK-MUNINGGAR WORO UNDIYATI-F2A017007-TESIS-2021.pdf Download (699kB) |
|
PDF (BabI)
3. BAB1-MUNINGGAR WORO UNDIYATI-F2A017007-TESIS-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Babll)
4. BABII-MUNINGGAR WORO UNDIYATI-F2A017007-TESIS-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Bablll)
5. BABIII-MUNINGGAR WORO UNDIYATI-F2A017007-TESIS-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BablV)
6. BABIV-MUNINGGAR WORO UNDIYATI-F2A017007-TESIS-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
7. BABV-MUNINGGAR WORO UNDIYATI-F2A017007-TESIS-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
8. LAMPIRAN-MUNINGGAR WORO UNDIYATI-F2A017007-TESIS-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-MUNINGGAR WORO UNDIYATI-F2A017007-TESIS-2021.pdf Download (1MB) |
Abstract
Responsivitas menjadi hal yang penting sebagai upaya penciptaan good governance, apalagi di tengah lesunya industri wisata karena dampak Covid-19. Responsivitas manajemen pariwisata Baturraden di masa pandemi Covid-19 ditunjukkan dengan menyiapkan sejumlah protokol kesehatan bagi petugas dan pengunjung. Responsivitas dalam pelayanan publik dikatakan memenuhi harapan apabila kebijakannya selaras dengan kebutuhan masyarakat. Responsivitas dalam pelayanan publik termasuk pelayanan wisata di lokawisata Baturraden dapat terlaksana sesuai harapan apabila mendapat dukungan dari semua pihak terkait dan hambatan yang ada dapat diatasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis responsivitas manajemen pariwisata Baturraden dalam menghadapi dampak Covid-19, dan mengetahui untuk dan mendeskrispsikan faktor yang menentukan responsivitas manajemen pariwisata Baturraden dalam menghadapi dampak Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di Lokawisata Baturraden, yaitu di kantor UPT Baturraden dan seluruh area wisata Baturraden. Sasaran utama dalam penelitian ini adalah pengelola dan petugas Lokawisata Baturraden yang berkaitan langsung dengan pelayanan publik, serta masyarakat yang sedang berwisata di Lokawisata Baturraden. Pengambilan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling. yaitu orang yang peneliti nilai mengetahui dan memahami ketanggapan manajemen lokawisata Baturaden pada masa pandemi Covid-19. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan yaitu bahwa responsivitas manajemen pariwisata di Baturraden dalam menghadapi Covid-19 sudah responsif dan efektif dalam memberikan pelayanan wisata kepada para wisatawan dengan menerapkan protokol kesehatan dan menyediakan fasilitas, sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh para pengunjung agar dapat berwisata dengan aman dan nyaman. Program penyelenggaraan wisata oleh manajemen lokawisata Baturraden sudah selaras dengan kebutuhan masyarakat karena memenuhi kebutuhan wisata para pengunjung di masa pandemi Covid-19 seperti menetapkan dan menjalankan aturan protokol kesehatan, menyediakan fasilitas, sarana dan prasarana protokol kesehatan. Perubahan kebijakan manajemen lokawisata Baturraden dalam memberikan pelayanan wisata sudah sesuai dengan kebijakan pemerintah dan kebutuhan masyarakat dalam berwisata di masa pandemi Covid-19. Manajemen lokawisata Baturraden juga dapat mengelola aduan dengan baik yaitu menganggap aduan yang disampaikan oleh pengunjung atau pihak lain sebagai masukan untuk perbaikan atau peningkatan dalam memberikan pelayanan. Kata Kunci: Responsivitas, Manajemen Pariwisata Baturraden
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P21083 |
Uncontrolled Keywords: | Responsivitas, Manajemen Pariwisata Baturraden |
Subjects: | C > C1009 Cultural tourism E > E378 Epidemics M > M35 Management |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs Muninggar Woro Undiyati |
Date Deposited: | 18 May 2021 02:16 |
Last Modified: | 18 May 2021 02:16 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/9671 |
Actions (login required)
View Item |