Peranan Sektor Pertanian dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya dalam Penyerapan Tenaga Kerja di Provinsi Jawa Tengah

NURSOPA, Ayi (2017) Peranan Sektor Pertanian dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya dalam Penyerapan Tenaga Kerja di Provinsi Jawa Tengah. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan Bagian Awal Tugas Akhir_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)

Abstract

Penelitian ini mengambil judul : “Peranan Sektor Pertanian Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Dalam Penyerapan Tenaga Kerja Di Provinsi Jawa Tengah”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peranan sektor pertanian dalam penyerapan tenaga kerja di kabupaten/kota di provinsi jawa tengah serta untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, angkatan kerja, inflasi, investasi dan lahan pertanian terhadap penyerapan tenaga kerja di kabupaten/kota di provinsi jawa tengah. alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kontribusi dan regresi data panel. berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh bahwa kontribusi sektor pertanian dalam penyerapan tenaga kerja di kabupaten/kota provinsi jawa tengah selama tahun 2012-2014 mengalami fluktuasi yang cenderung menurun. Pertumbuhan ekonomi dan angkatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di kabupaten/kota provinsi jawa tengah. Inflasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di kabupaten/kota provinsi jawa tengah. investasi dan luas lahan pertanian berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di kabupaten/kota provinsi jawa tengah. Implikasi dari kesimpulan tersebut yaitu penyerapan tenaga kerja di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah dapat dimaksimalkan salah satunya dengan cara terus meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi, peningkatan kualitas sumber daya manusia sehingga nantinya membentuk pribadi yang kreatif dan siap pakai. Peningkatan laju pertumbuhan ekonomi yang komposisi utamanya terdiri dari konsumsi dan investasi, dapat juga dilakukan pemerintah dengan merangsang timbulnya konsumsi masyarakat melalui kebijakan umr yang mendukung daya beli dan merangsang investasi masuk ke daerah dengan pemudahan syarat-syarat berinvestasi. dukungan pemerintah melalui kebijakan dalam mengatur laju inflasi dan penentuan upah minimum juga dirasakan perlu agar nantinya dapat mempengaruhi dan memaksimalkan penyerapan tenaga kerja. pemerintah daerah sebaiknya melakukan dan mengarahkan investasi tidak hanya pada industri padat modal yang lebih banyak menggunakan investasinya untuk membeli mesin-mesin sehingga tenaga kerja digantikan fungsinya oleh mesin, melainkan juga di industri padat karya mengingat banyaknya tenaga kerja yang seharusnya bisa diserap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C17010
Uncontrolled Keywords: Penyerapan Tenaga Kerja, Pertumbuhan Ekonomi, Angkatan Kerja, Inflasi, Investasi, Luas Lahan Pertanian
Subjects: ?? A143c ??
E > E224 Employment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mrs Sri Hartati
Date Deposited: 04 Mar 2019 07:59
Last Modified: 22 Nov 2019 03:17
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/968

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year