Komunikasi Pemberdayaan dalam Promosi dan Pemasaran untuk Pengembangan Showroom UMKM di Kabupaten Purworejo

AZALIA, Adelaide Nabila (2021) Komunikasi Pemberdayaan dalam Promosi dan Pemasaran untuk Pengembangan Showroom UMKM di Kabupaten Purworejo. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER - Adelaide Nabila Azalia- F1C017047 - Skripsi - 2021.pdf

Download (202kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS - Adelaide Nabila Azalia - F1C017047 - Skripsi - 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK - Adelaide Nabila Azalia - F1C017047 - Skripsi - Adelaide.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Adelaide Nabila Azalia-F1C017047-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Adelaide Nabila Azalia-F1C017047-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Adelaide Nabila Azalia-F1C017047-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Adelaide Nabila Azalia-F1C017047-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Adelaide Nabila Azalia-F1C017047-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Adelaide Nabila Azalia-F1C017047-Skripsi-2021.pdf

Download (336kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN - Adelaide Nabila Azalia- F1C017047 - Skripsi - 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang komunikasi pemberdayaan yang terjadi dalam proses perumusan dan pelaksanaan program promosi dan pemasaran Showroom UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan komunikasi pemberdayaan dalam proses perumusan program promosi dan pemasaran serta menganalisis komunikasi pemberdayaan dalam pelaksanaan program promosi dan pemasaran untuk pengembangan Showroom UMKM di Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling dengan triangulasi sumber sebagai validitas data penelitian. Informan penelitian ini yaitu Kepala Seksi Kelembagaan UMKM Dinas KUKMP, Kepala Bagian Umum dan Keuangan PDAU, dan juga pelaku UMKM. Hasil penelitian diketahui bahwa dalam proses perumusan maupun pelaksanaan program promosi dan pemasaran terdapat keterlibatan aktif dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Purworejo sebagai pengelola Showroom UMKM dan juga pelaku UMKM yang sudah tergabung dengan Showroom UMKM. Komunikasi pemberdayaan yang dilaksanakan yaitu dengan mengadakan penyuluhan, pelatihan, pendampingan, dan kemitraan untuk membantu kegiatan promosi dan pemasaran Showroom UMKM yang belum begitu maksimal akibat kurangnya sumber daya manusia, lokasi yang kurang strategis, serta keterbatasan penyelenggaraan acara di masa pandemi COVID-19 ini. Sementara itu, dalam kegiatan Showroom UMKM belum menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan dan memasarkan produknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F21180
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemberdayaan, Promosi, Pemasaran
Subjects: M > M80 Marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Adelaide Nabila Azalia
Date Deposited: 18 May 2021 09:00
Last Modified: 18 May 2021 09:00
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/9701

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year