Manajemen Pendidikan Inklusi pada Tingkat Pendidikan Dasar (Studi Kasus pada SD Negeri 5 Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas)

ILEVA, Noviani Andesta (2021) Manajemen Pendidikan Inklusi pada Tingkat Pendidikan Dasar (Studi Kasus pada SD Negeri 5 Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1 COVER-Noviani Andesta Ileva F1B016018 - skripsi-2021.pdf

Download (524kB)
[img] PDF (Legalitas)
2 LEGALITAS-Noviani Andesta Ileva F1B016018 - skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
3 ABSTRAK-Noviani Andesta Ileva F1B016018 - skripsi-2021.pdf

Download (516kB)
[img] PDF (BabI)
4 BAB-I-Noviani Andesta Ileva F1B016018 - skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] PDF (BabII)
5 BAB-II-Noviani Andesta Ileva F1B016018 - skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] PDF (BabIII)
6 BAB-III-Noviani Andesta Ileva F1B016018 - skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] PDF (BabIV)
7 BAB-IV-Noviani Andesta Ileva F1B016018 - skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
8 BAB-V-Noviani Andesta Ileva F1B016018 - skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9 DAFTAR PUSTAKA-Noviani Andesta Ileva F1B016018 - skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] PDF (Lampiran)
10 LAMPIRAN-Noviani Andesta Ileva F1B016018 - skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penerapan Manajamen Berbasis sekolah sebagai acuan untuk pengelolaan sekolah juga diterapkan pada sekolah penyelenggara inklusi, termasuk SD Negeri 5 Arcawinangun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pendidikan inklusi di Kabupaten Banyumas, khususnya di SD Negeri 5 Arcawinangun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen pendidikan inklusi di SD Negeri 5 Arcawinangun telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. SD Negeri 5 Arcawinangun telah memodifikasi komponen kurikulum dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Dalam pelaksanaanya apabila dikaitkan dengan perspektif MBS telah cukup baik serta patuh dengan peraturan yang berlaku terkait pelaksanaan manajemen pendidikan inklusi yaitu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003; Permendiknas Nomor 70 Tahun 2009 terdiri dari 15 pasal; Surat Keputusan Bupati Kabupaten Banyumas Nomor 421/ 149/ 2011, serta Keputusan Kepala Dinas (Protap Inklusi) terkait inklusi. Penerimaan siswa baru juga telah disesuaikan dengan keadaan anak berkebutuhan khusus dan telah menyediakan guru pendamping khusus di sekolah untuk membantu menangani anak berkebutuhan khusus, dilengkapi fasilitas pembelajaran yang menunjang berjalannya pembelajaran di dalam kelas. Ada pula dukungan penuh dari masyarakat terhadap program-program yang dilaksanakan di sekolah, termasuk pelaksanaan sekolah inklusi di SDN 5 Arcawinangun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F21171
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pendidikan Inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
Subjects: E > E186 Elementary education
M > M35 Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs NOVIANI ANDESTA ILEVA
Date Deposited: 20 May 2021 07:55
Last Modified: 20 May 2021 07:55
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/9734

Actions (login required)

View Item View Item