Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Efektivitas Kebijakan Relokasi Pedagang Kaki Lima di Jalan Jenderal Soedirman dalam Mensejahterakan Pedagang Kaki Lima Pratistha Harsa Purwokerto Kabupaten Banyumas

DIANSYAH, Gilang Nur (2020) Efektivitas Kebijakan Relokasi Pedagang Kaki Lima di Jalan Jenderal Soedirman dalam Mensejahterakan Pedagang Kaki Lima Pratistha Harsa Purwokerto Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Gilang Nur Diansyah-F1B014052-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Gilang Nur Diansyah-F1B014052-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
abstrak gilang nur.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Gilang Nur Diansyah-F1B014052-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Gilang Nur Diansyah-F1B014052-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Gilang Nur Diansyah-F1B014052-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Gilang Nur Diansyah-F1B014052-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Gilang Nur Diansyah-F1B014052-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Gilang Nur Diansyah-F1B014052-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Gilang Nur Diansyah-F1B014052-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pedagang Kaki Lima di negeri ini selalu menjadi masalah. KeberadaanPKL dapat menimbulkan dampak negatif, salah satunya membuat keruwetan,sehingga terkesan kumuh serta dapat mengganggu kenyamanan publik. DiPurwokerto mempunyai masalah yang sama mengenai PKL. Pedagang Kaki Limadi Purwokerto tepatnya di jalan Jenderal Soedirman dari perempatan Pasar Wagesampai pintu rel stasiun kereta api berdagang menempati ruas jalan publik ataupundi depan toko sehingga menimbulkan kesan kumuh serta dapat mengganggupengguna jalan. Oleh karena itu pemerintah dalam hal ini Dinas Perindustrasiandan Perdagangan merelokasi PKL sepanjang jalan tersebut ke tempat yang lebihbaik yaitu di Pratistha Harsa yang terletak di Jalan Pereng dekat Alun – AlunPurwokerto. Namun setelah di relokasi muncul permasalahan baru yaitumenurunnya pendapatan para PKL. Hal ini tidak sesuai dengan tujuan relokasiyang terdapat di Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas Nomor 4 Tahun 2011tentang Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima yang salah satutujuannya adalah meningkatkan kesejahteraan PKL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kebijakan relokasiPedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Jenderal Soedirman dalam mensejahterakanPedagang Kaki Lima di Pratistha Harsa Purwokerto Kabupaten Banyumas.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptifdengan metode survey, pengambilan responden menggunakan Simple RandomSampling. Metode analisis data yang digunakan adalah distribusi frekuensi, skormaksimal dan minimal, mean, dan modus serta tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Efektivitas Kebijakan RelokasiPedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Jenderal Soedirman dalam mensejahterakanPedagang Kaki Lima di Pratistha Harsa Purwokerto Kabupaten Banyumasmenunjukan hasil yang sedang dengan rata-rata pencapaian tujuan 1,94 rata-rataintegrasi 2,19 rata-rata adaptasi 1,88. Kesimpulan hasil penelitian ini EfektivitasKebijakan Relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Jenderal Soedirmandalam mensejahterakan Pedagang Kaki Lima di Pratistha Harsa PurwokertoKabupaten Banyumas menunjukkan hasil yang sedang dalam meningkatkankesejahteraan PKL masih banyak yang harus ditingkatkan contohnya sarana danprasarana agar pedagang lebih mudah dan nyaman berjualan, meramaikan lokasiberjualan agar pedagang menerima pendapatan dari lakunya barang dagangan,agar tidak ada lagi PKL yang keluar dari Pratistha Harsa karena mengeluhmengenai kondisi tempat berjualan yang sepi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20023
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pedagang Kaki Lima, Relokasi
Subjects: G > G193 Government policy
P > P652 Public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:09
Last Modified: 19 Jan 2022 02:09
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12899

Actions (login required)

View Item View Item