Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Kajian Pupuk NPK, Pupuk Daun, dan Bacillus Sp. terhadap Pertumbuhan Bibit Jambu Air Citra serta Ketahanan terhadap Penyakit Karat Putih

RIZKYARTO, Unggul Akbar (2016) Kajian Pupuk NPK, Pupuk Daun, dan Bacillus Sp. terhadap Pertumbuhan Bibit Jambu Air Citra serta Ketahanan terhadap Penyakit Karat Putih. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (894kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tanaman jambu air merupakan termasuk salah satu jenis tanaman buah asli Indonesia. Salah satunya adalah jambu air citra yang terkenal manis rasanya. Memperbaiki bahan tanaman merupakan salah satu cara untuk meningkatkan produksi jambu air di Indonesia. Upaya memperbaiki bahan tanam, yaitu dengan pemupukan dengan dosis yang sesuai untuk kebutuhan nutrisi tanaman, seperti menggunakan pupuk NPK dan pupuk daun, serta pengendalian hama dan penyakit. Salah satu penyakit tanaman jambu air ialah penyakit karat daun yang disebabkan oleh jamur Puccinia horiana. Bakteri yang digunakan sebagai agen hayati untuk pengendalian hama dan penyakit adalah Bacillus sp. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dosis pupuk NPK yang tepat terhadap pertumbuhan bibit tanaman jambu air citra dan ketahanan terhadap penyakit karat putih, 2) Mengetahui konsentrasi pupuk daun yang tepat terhadap pertumbuhan bibit tanaman jambu air citra dan ketahanan terhadap penyakit karat putih, 3) Mengetahui peran Bacillus sp. terhadap pertumbuhan bibit tanaman jambu air citra dan ketahanan terhadap penyakit karat putih, 4) mengetahui interaksi antara pupuk NPK, pupuk daun, dan Bacillus sp. Penelitian dilaksanakan di laboratorium perlindungan tanaman bagian penyakit tanaman Fakultas Pertanian dan Rumah Plastik Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Waktu penelitian dimulai dari bulan Desember 2014 sampai dengan bulan Mei 2015. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap dengan 3 faktor dengan 2 taraf perlakuan yaitu, penggunaan dosis pupuk NPK dosis 30 g/tanaman dan N2 40 g/tanaman, konsentrasi pupuk daun 1 g/l dan 2 g/l, dan penggunaan dan tanpa penggunaan Bacillus sp.. Variabel yang diamati yaitu jumlah daun, luas daun, tinggi tanaman, jumlah cabang, intensitas penyakit, uji senyawa fenol, dan lingkungan. Hasil penelitian bahwa dosis pupuk NPK 30 g/tanaman dan 40 g/tanaman belum mampu meningkatkan pertumbuhan bibit tanaman jambu air citra dan ketahanan terhadap penyakit karat putih. Konsentrasi pupuk daun 1 g/l dan 2 g/l belum mampu meningkatkan pertumbuhan bibit tanaman jambu air citra dan ketahanan terhadap penyakit karat putih. Bacillus sp. mampu menurunkan intensitas penyakit karat putih pada bibit tanaman jambu air citra sebesar 36,18%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16049
Subjects: C > C1000 Cultivated plants
P > P319 Plant diseases
P > P328 Plants
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:41
Last Modified: 05 Apr 2022 04:41
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15108

Actions (login required)

View Item View Item