Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Kajian Pemberian Pupuk NZEO-SR terhadap Sifat Kimia Tanah, Serapan N dan Biomassa Tanaman Padi Gogo Aromatik pada Ultisol Karangrau

SETO, Hendi Nur (2016) Kajian Pemberian Pupuk NZEO-SR terhadap Sifat Kimia Tanah, Serapan N dan Biomassa Tanaman Padi Gogo Aromatik pada Ultisol Karangrau. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (932kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Padi (Oryza sativa L.) merupakan tanaman pangan pokok bagi sebagian besar penduduk di Indonesia, oleh karena itu setiap faktor yang mempengaruhi peningkatan produksi dan pendapatan petani padi sangat penting untuk diperhatikan. Kendala dalam budidaya tanaman padi salah satunya adalah areal lahan pertanian yang semakin sempit. Upaya perluasan lahan pertanian diarahkan pada lahan-lahan marginal diantaranya Ultisol. Namun pemanfaatan Ultisol memiliki banyak kendala seperti pH dan KPK rendah, kandungan Al, Fe, dan Mn terlarut tinggi, kekahatan unsur hara makro (N, P, K, S, Ca dan Mg) dan mikro (Zn, Cu, B, Mo) serta rendahnya kejenuhan basa. Pencampuran zeolit kedalam pupuk dapat memperbaiki sifat kimia tanah Ultisol serta mampu mengendalikan proses jerapan dan ketersediaan unsur hara N di dalam tanah sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh pemberian pupuk NZEO-SR terhadap sifat kimia tanah dan serapan N oleh tanaman padi gogo aromatik pada tanah Ultisol dan 2) mengetahui tingkat efisiensi penggunaan pupuk NZEO-SR oleh tanaman padi gogo aromatik pada tanah Ultisol. Penelitian dilaksanakan di lahan kering jenis Ultisol yang berlokasi di Desa Karangrau, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas dan di Laboratorium Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto pada Januari samapai Mei 2016. Penelitian dilakukan dengan rancangan petak terbagi dengan 3 ulangan. Petak utama berupa varietas cabai terdiri dari 2 aras, yaitu varietas Inpago Unsoed I (V1) dan G9 (V2). Anak petak berupa takaran pupuk NZEO-SR terdiri dari 6 aras, yaitu 0 kg N/ha (N0), 35 kg N/ha (N1), 70 kg N/ha (N2), 105 kg N/ha (N3), 140 kg N/ha (N4) dan 175 kg N/ha (N5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian berbagai takaran pupuk NZEO-SR berpengaruh nyata menurunkan DHL tanah, menurunkan Al-dd tanah, meningkatkan bobot basah daun, bobot basah malai dan serapan N gabah (mg N/tanaman), namun tidak berpengaruh nyata terhadap pH H2O dan pH KCl tanah, N total tanah, H-dd tanah, bobot basah akar, bobot basah batang, bobot basah gabah, bobot kering akar, bobot kering batang, bobot kering daun, bobot kering gabah, bobot kering malai, dan serapan N daun. Pupuk NZEO-SR pada takaran 35 kg N/ha mempunyai efisiensi penggunaan unsur hara N oleh tanaman tertinggi yaitu sebesar 63%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16286
Uncontrolled Keywords: Pemupukan, Tanah ultisol
Subjects: F > F121 Fertilizers
S > S478 Soils
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 07 Apr 2022 07:30
Last Modified: 07 Apr 2022 07:30
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15441

Actions (login required)

View Item View Item