Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Instagram dan Referensi Kuliner (Studi tentang Pengunaan Instagram sebagai Referensi Kuliner bagi Follower @kulinerpurwokerto_)

KHASANAH, Nikmatul (2023) Instagram dan Referensi Kuliner (Studi tentang Pengunaan Instagram sebagai Referensi Kuliner bagi Follower @kulinerpurwokerto_). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-NIKMATUL KHASANAH-F1A016078-SKRIPSI-2023.pdf

Download (851kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-NIKMATUL KHASANAH-F1A016078-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-NIKMATUL KHASANAH-F1A016078-SKRIPSI-2023.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-NIKMATUL KHASANAH-F1A016078-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-NIKMATUL KHASANAH-F1A016078-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-NIKMATUL KHASANAH-F1A016078-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-NIKMATUL KHASANAH-F1A016078-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-NIKMATUL KHASANAH-F1A016078-SKRIPSI-2023.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-NIKMATUL KHASANAH-F1A016078-SKRIPSI-2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media sosial Instagram menjadi tempat untuk bersosialisasi maupun berinteraksi antara satu sama lain, dalam berbagi referensi kuliner Purwokerto. Peristiwa ini dikaji dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Melalui pengalaman indrawi menghasilkan pemahaman dan pengalaman serta berdasarkan berbagai pertimbangan individu, maka menghasilkan sebuah kesadaran bahwa akun @kulinerpurwokerto_ menjadi referensi kuliner bagi followernya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan akun @kulinerpurwokerto_ sebagai referensi kuliner di Purwokerto bagi followernya. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria yakni follower yang telah mengikuti akun @kulinerpurwokerto_ minimal 1 bulan, follower yang aktif mengikuti aktiivitas admin @kulinerpurwokerto_ baik mengomentari, memberikan like atau merepost dan follower yang sering membagikan konten @kulinerpurwokerto_ serta follower yang pernah direpost oleh akun @kulinerpurwokerto_. Akun Instagram @kulinerpurwokerto_ menjadi referensi kuliner bagi followernya melalui beberapa pertimbangan. Motif follower mengikuti akun @kulinerpurwokerto_ untuk mengetahui diskon makanan atau kuliner yang ada di Purwokerto. Mereka dapat mengetahui berbagai ragam makanan apa saja yang ada di Purwokerto dan juga mereka selalu update informasi kuliner terbaru di Purwokerto. Manfaat yang diperoleh follower @kulinerpurwokerto_ dapat dijelaskan dengan teori fenomenologi. Manfaat dapat dikatakan sebagai hasil pengalaman seseorang ketika dia mem-follow akun @kulinerpurwokerto_. Manfaat yang diperoleh follower akun @kulinerpurwokerto__ diantaranya adalah memudahkan dirinya untuk mendapatkan informasi terkait menu, harga dan tempat serta promosi kuliner. Manfaat ini adalah hasil pengalaman seseorang memfollow akun @kulinerpurwokerto_. Dengan mereka memfollow akun tersebut mereka akan memiliki pemahaman dan pengalaman bahwa mereka mendapatkan banyak manfaat. Akun @kulinerpurwokerto_ diharapkan tetap mempertahankan isi dan kualitas video yang di posting. Selain itu, akun @kulinerpurwokerto__ sesekali juga dapat memberikan give away atau hadiah kepada follower nya yang setia. Follower yang memiliki motif pecinta kuliner dapat membentuk grup atau komunitas sendiri mengenai kuliner purwokerto. Followers akun Instagram @kulinerpurwokerto_ juga dapat memberikan pernyataan maupun dukungan terhadap pelaku UMKM yang telah di-posting diakun @kulinerpurwokerto_.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23350
Uncontrolled Keywords: Instagram, referensi kuliner, follower, @kulinerpurwokerto_
Subjects: M > M116 Mass media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs. KHASANAH Nikmatul
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:40
Last Modified: 25 Aug 2023 03:40
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23225

Actions (login required)

View Item View Item