PRISIYANTI, Puput (2017) Efisiensi pemasaran emping melinjo di Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (131kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (198kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
Bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (BabII)
Bab II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
||
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf Download (21kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
Abstract
Kecamatan Kedungbanteng merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Banyumas yang menjadi salah satu sentra industri pengolahan emping melinjo di Kabupaten Banyumas. Peningkatan produksi harus diimbangi dengan pemasaran yang tepat. Pemasaran emping melinjo melibatkan beberapa lembaga pemasaran yang akan mempengaruhi panjang pendeknya saluran pemasaran dan tingkat efisiensi pemasaran dalam suatu usaha. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengidentifikasi saluran pemasaran emping melinjo di Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, (2) Menganalisis besar marjin pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran emping melinjo di Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, (3) Menganalisis besar persentase bagian yang diterima perajin (farmer’s share) dari harga di tingkat konsumen pada setiap saluran pemasaran, (4) Mengetahui saluran pemasaran emping melinjo yang paling efisien. Penelitian ini dilakukan tanggal 16 Januari sampai 15 Februari 2017 di Desa Dawuhan Kulon dan Desa Kalisalak Kecamatan Kedungbanteng dengan sasaran penelitian perajin emping melinjo dan pedagang perantara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Pengambilan sampel menggunakan metode sensus untuk pengrajin dan metode snowball sampling untuk pedagang perantara. Jumlah perajin yang menjadi responden sebanyak 60 orang dan pedagang perantara sebanyak 20 orang. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis marjin pemasaran, farmer’s share, persentase biaya, dan keuntungan dan analisis efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Saluran pemasaran emping melinjo di Kecamatan Kedungbanteng terdiri dari tiga saluran pemasaran : Saluran I yaitu perajin – pedagang pengumpul – pedagang besar – pedagang pengecer - konsumen, Saluran II yaitu perajin – pedagang pengumpul – pedagang pengecer - konsumen dan Saluran III yaitu pengrajin – pedagang besar – pedagang pengecer - konsumen. (2) Marjin pemasaran saluran I sebesar Rp 12.000,00 per kilogram, saluran II sebesar Rp 12.857,00 per kilogram dan saluran III sebesar Rp 11.000,00 per kilogram. (3) Farmer’s share saluran I sebesar 71,43 persen, saluran II sebesar 69,97 persen dan saluran III sebesar 75 persen. (4) Berdasarkan nilai efisiensi pemasaran diketahui saluran pemasaran emping melinjo yang paling efisien terdapat pada saluran III, karena kurang dari 50 persen dan memiliki nilai efisiensi pemasaran terkecil yaitu 10,425 persen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A17287 |
Uncontrolled Keywords: | Efisiensi, pemasaran, emping melinjo |
Subjects: | F > F407 Fruit M > M80 Marketing |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Mr Supriyana Supriyana |
Date Deposited: | 06 Nov 2018 02:47 |
Last Modified: | 21 Dec 2021 02:48 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/598 |
Actions (login required)
View Item |