Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Motivasi Kerja Pegawai dan Koordinasi terhadap Kualitas Pelayanan Penerbitan Dokumen Kependudukan (e-KTP) Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pemalang

DAMAYANTI, Endah Widia (2021) Pengaruh Motivasi Kerja Pegawai dan Koordinasi terhadap Kualitas Pelayanan Penerbitan Dokumen Kependudukan (e-KTP) Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pemalang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Endah Widia Damayanti-F1B113040-Skripsi-2021.pdf

Download (282kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Endah Widia Damayanti-F1B113040-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Endah Widia Damayanti-F1B113040-Skripsi-2021.pdf

Download (293kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Endah Widia Damayanti-F1B113040-Skripsi-FISIP-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Endah Widia Damayanti-F1B113040-Skripsi-FISIP-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Endah Widia Damayanti-F1B113040-Skripsi-FISIP-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Endah Widia Damayanti-F1B113040-Skripsi-FISIP-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Endah Widia Damayanti-F1B113040-Skripsi-FISIP-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Endah Widia Damayanti-F1B113040-Skripsi-FISIP-2021.pdf

Download (230kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Endah Widia Damayanti-F1B113040-Skripsi-FISIP-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)

Abstract

Latar Belakang: Kualitas pelayanan merupakan salah satu isu yang sangat krusial dalam studi manajemen pelayanan baik dalam lingkup manajemen sektor publik maupun manajemen sektor privat. Pelayanan sektor publik meliputi pelayanan barang, jasa dan/atau pelayanan administratif. Salah satu pelayanan administratif di Indonesia adalah pelayanan kependudukan yang berkaitan erat dengan hak sipil atau hak perdata penduduk. Pemerintah sebagai pelayanan bagi masyarakat memberikan inovasi terbaru dengan menerbitkan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Masalah yang kerap terjadi dalam proses penerbitan e-KTP yakni kurangnya ketersediaan alat seperti iris scanner, alat perekam sidik jari dan pemindaian tanda tangan serta sumber daya manusia yang belum memadai sehingga terjadi kelambanan dari proses penerbitan tersebut. Pelayanan dalam penerbitan e-KTP di berbagai daerah di Indonesia memiliki tingkat kualitas yang berbeda. Salah satu contohnta di Kabupaten Pemalang bahwa capaian target perekaman data yang masih belum terpenuhi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Hal ini bisa saja terjadi karena motivasi kerja pegawai yang dapat menentukan baik tidaknya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Di samping itu juga koordinasi antar bagian terkait juga turut berperan dalam proses perekaman data masih belum berjalan dengan baik. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Uji validitas menggunakan korelasi Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data dengan korelasi Kendall Tau-b, Konkordansi Kendall W dan Regresi Ordinal. Hasil dan Pembahasan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi Kerja (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan (Y) dengan nilai koefisien 0.708 dan signifikansi 0.000. Selain itu diketahui bahwa Koordinasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan (Y) dengan nilai koefisien 0.374 dan signifikansi 0.003. Sedangkan pada analisis Parameter Estimates pada Uji Regresi Ordinal diketahui bahwa Motivasi Kerja (X1) dan Koordinasi (X2) secara bersama-sama tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan (Y).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F21067
Uncontrolled Keywords: Koordinasi, Kualitas Pelayanan, Motivasi Kerja, Pelayanan Publik
Subjects: P > P142 Performance
P > P647 Public service commissions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs Endah Widia Damayanti
Date Deposited: 19 Feb 2021 01:28
Last Modified: 19 Feb 2021 01:28
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/8157

Actions (login required)

View Item View Item