Tindak Pidana dengan Sengaja Melakukan Aborsi Tidak Sesuai Ketentuan (Tinjauan Yuridis terhadap Putusan Pengadilan Negeri Cilacap no.343/pid.sus/2014/PN clp)

FRASETYO, Fachrizal Rifky (2017) Tindak Pidana dengan Sengaja Melakukan Aborsi Tidak Sesuai Ketentuan (Tinjauan Yuridis terhadap Putusan Pengadilan Negeri Cilacap no.343/pid.sus/2014/PN clp). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] PDF (Dafarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Akar permasalahan melakukan aborsi yang sesungguhnya yaitu beban psikososial dan status sosial pada kehamilan yang tidak diinginkan. Sehingga masyarakat mengabaikan aturan hukum yang mengatur tentang aborsi sebagai tindakan illegal dan dilarang, hal ini menyebabkan mayarakat cenderung menyembunyikan perbuatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan unsur-unsur Pasal 194 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan dan untuk mengetahui dasar pertimbangan hukum hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dalam Putusan Nomor : 343/Pid.Sus/2014/PN. Clp Pendekatan penelitian yuridis normatif. Sedangkan spesifikasi Penelitian deskriptif analisis, Data yang dipakai dalam penelitian adalah data sekunder meliputi peraturan perundang-undangan yang berlaku, literatur, hasil penelitian yang berhubungan dengan pokok permasalahan serta Putusan Pengadilan Negeri Cilacap No. 343/Pid.Sus/2014/PN. Clp. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, hasil penelitian disajikan dalam bentuk uraian dan dianalisis dengan metode normatif kualitatif. Dari hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa mengenai perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 194 UndangUndang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan dibuktikan dalam persidangan secara tepat dan benar antara fakta hukum yang terungkap dengan unsur-unsur yuridis tindak pidana aborsi yang didakwakan oleh Jaksa Penuntut Umum. Dalam penerapan unsur – unsur tindak pidana ini, tidak ditemukan adanya hal-hal yang dapat menghapuskan pertanggungjawaban pidana, baik sebagai alasan pembenar dan atau alasan pemaaf, sehingga terdakwa harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dasar pertimbangan hukum hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap terdakwa yaitu pembuktian terhadap unsur-unsur pasal sebagaimana didakwakan oleh Penuntut Umum. Pembuktian terahdap alat-alat bukti sebagaimana diatur Pasal 184 ayat (1) KUHAP, yaitu berupa : keterangan saksi, keterangan ahli, surat, pentunjuk (barang bukti), dan keterangan terdakwa, ketentuan tentang halhal yang memberatkan dan meringankan terdakwa. Karena terdakwa telah terbukti secara sah dan menyakinkan melakukan tindak pidana dengan sengaja melakukan aborsi tidak sesuai ketentuan, Majelis Hakim menjatuhkan pidana penjara selama 1 (satu) tahun 8 (delapan) bulan dan denda sebes Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah), apabila denda tidak dibayar, diganti dengan pidana kurungan selama 1 (satu) bulan, masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan, terdakwa tetap ditahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E17020
Uncontrolled Keywords: Tindak pidana; Aborsi; Pidana
Subjects: A > A12 Abortion Law and legislation
C > C944 Crime
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Sri Hartati
Date Deposited: 26 Oct 2018 03:30
Last Modified: 13 Dec 2019 06:38
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item