Pelaksanaan Bantuan Hukum Terhadap Tersangka dan Terdakwa yang Tidak Mampu oleh Advokat (Di Wilayah Pengadilan Negeri Purbalingga)

HARYOTO, Harley Wienata (2017) Pelaksanaan Bantuan Hukum Terhadap Tersangka dan Terdakwa yang Tidak Mampu oleh Advokat (Di Wilayah Pengadilan Negeri Purbalingga). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (815kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (815kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar pustaka_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)

Abstract

Bantuan Hukum menurut Undang-Undang No. 16 tahun 2011 adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara cuma-cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Bantuan hukum dalam konsep undang-undang ini adalah bantuan hukum yang besifat cuma-cuma atau pro deo, dengan sasaran penerima bantuan hukum yaitu orang miskin atau kelompok orang miskin, oleh karena itu berdasarkan hal tersebut pemberian bantuan hukum dapat dilakukan terhadap Individu atau dapat diberikan terhadap kelompok atau golongan masyarakat.Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, studi kepustakaan,wawancara dilakukan di Polres Purbalingga dan Pengadilan Negeri Purbalingga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan dan hambatan bantuan hukum terhadap tersangka dan terdakwa yang tidak mampu di wilayah Pengadilaan Negeri Purbalingga.Pada pelaksanaanya bantuan hukum yang diberikan kepada Tersangka atau Terdakwa di Pengadilan Negeri Purbalingga sesuai dengan yang dikatakan oleh undang-undang dan masih banyak yang tidak mengetahui bahwa adanya bantuan hukum yang diberikan secara cuma-cuma oleh advokat hal dikarenakan faktor ketidaktahuan para pihak pencari keadilan dan kekhawatiran para pencari keadilan apabila menggunakan jasa bantuan hukum akan mengeluarkan biaya yang tinggi. Hal ini menjadi satu faktor penting yang harus diperhatikan, dengan ketidaktahuan para pencari keadilan seharusnya dari pihak pemerintah ada sosialisasi kepada masyarakat, kurangnya sosialisasi tentang bantuan hukum di masyarakat khususnya di wilayah Purbalingga sehingga banyak masyarakat yang awam pada umumnya kurang mengerti akan adanya program bantuan hukum. Sehingga banyak yang berfikir bahwa nantinya mereka akan dikenakan biaya perkara yang tinggi. Masih banyak masyarakat yang tidak tau tentang adanya program bantuan hukum secara cuma-cuma, Bahkan masih ada masyakarat yang tidak tahu sama sekali tentang program Bantuan Hukum.Kekhawatiran masyarakkan apabila menggunakan jasa Advokat akan mengeluarkan biaya yang tinggi.Kurangnya pemahaman para tersangka atau terdakwa akan hak-haknya.Para tersangka atau terdakwa menganggap menggunakan Advokat dalam kasus akan memerlukan dana yang besar.Sulitnya untuk diberikan pemahaman tentang program Bantuan hukum secara cuma-cuma. Tidak mengetahui manfaat dan fungsi dari bantuan hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E17195
Uncontrolled Keywords: Bantuan Hukum, Tersangka dan terdakwa tidak mampu,Advokat
Subjects: L > L106 Legal aid
L > L75 Law
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 12 Oct 2018 07:22
Last Modified: 04 Sep 2020 02:56
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item View Item